IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi danmengetahui respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe ThinkPair Share pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam duasiklus dengan subjek penelitian kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran2011/2012 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan antara lainanalisis data kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan, serta analisisdata kuantitatif yakni penilaian aktivitas belajar Akuntansi dan respons siswa terhadapimplementasi pembelajaran Think Pair Share.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitasbelajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi yang diperoleh dari indikatormembaca materi, mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman, mengemukakan pendapatatau gagasan saat diskusi kelompok atau presentasi kelompok, menanggapi pendapat oranglain, memperhatikan atau mendengarkan penjelasan materi dari guru dan teman lain,membuat catatan, melakukan diskusi dalam kelompok, mengerjakan tugas yang telahdiberikan oleh guru, dan kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompokmenunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar Akuntansi yakni65,32% pada siklus I menjadi 88,55% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar Akuntansijuga terlihat dari skor rata-rata angket yang menujukkan angka sebesar 75,42% pada siklus I,dan meningkat menjadi 91,75% pada siklus II. Hasil wawancara untuk aktivitas belajarAkuntasi menunjukkan bahwa selama pembelajaran berlangsung, seluruh indikatormenunjukkan skor di atas 75%. Respons siswa terhadap pembelajaran Think Pair Shareadalah positif. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dipeoleh dari angket denganmenggunakan empat indikator respons yakni ketertarikan, manfaat, kendala, serta harapandan saran untuk model pembelajaran Think Pair Share menunjukkan skor rata-rata 76,43%.Hasil angket ini juga didukung dari hasil wawancara yang diperoleh. Hasil wawancara dariseluruh indikator respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare menunjukkan skor di atas 90%.Kata kunci : aktivitas belajar Akuntansi, respons, TPS, SMA Negeri 2 WonosariDownloads
Published
11/01/2012
How to Cite
Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.