Pengaruh Financial Socialization Dan Financial Attitude Terhadap Financial Satisfaction Pada Mahasiswa Perantauan Prodi Pendidikan Ekonomi,Fkip Unpatti
The Influence Of Financial Socialization And Financial Attitude On Financial Satisfaction Among Out-Of-Town Students Of The Economic Education Study Program, Fkip Unpatti
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v23i2.91055Keywords:
Financial Socialization, , Financial Attitude,, Financial Satisfaction,, Mahasiswa Perantauan,Abstract
Tujuan dari penyusunan penelitian ini ialah menganalisis terkait pengaruh Financial socialization dan Financial attitude terhadap Financial satisfaction pada mahasiswa perantauan Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNPATTI. Pendekatan yang dimanfaatkan pada penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa statistik deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 53 mahasiswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan pengisian kuisioner, kemudian analisis data menerapkan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Penelitian ini menghasilkan data bahwa secara parsial financial socialization tidak berpengaruh signifikan terhadap financial satisfaction, sedangkan financial attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Satification. Secara simultan, Financial Socialization dan Financial Attitude berpengaruh signifikan terhadap Financial satisfaction. Temuan ini menekankan pentingnya pengembangan sikap keuangan positif dalam meningkatkan kesejahteraan finansial mahasiswa perantauan, meskipun sosialisasi keuangan belum memberikan dampak yang nyata secara individu.
References
Isnaini, N. R., Widyastuti, U., & Siregar, M. E. S. (2025). Pengaruh Financial Socialization dan Financial Attitude Terhadap Financial Satisfaction Melalui Financial Behavior Mahasiswa Rantau di Pulau Jawa. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 4(2), 187-200.
Koraag, S. T. G., & Pratita, M. P. (2024). Literasi Keuangan dan Sosialisasi Keuangan: Pendorong Perilaku Keuangan Positif di Kalangan Mahasiswa. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 9(01), 10-23.
Darmawan, D., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengaruh financial attitude, financial behavior, dan financial knowledge terhadap financial satisfaction. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(2), 172-181.
Afriani, H. A., & Lasmini, R. S. (2023). The Influence of Financial Knowledge, Financial Socialization on Financial Satisfaction with Financial Risk Attitude as a Mediation Variable in Millennial Generation in Padang City. Financial Management Studies, 3(2), 47-61.
Gultom, I. S., & Siregar, Q. R. (2023). Pengaruh Sikap Keuangan Dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Dengan Kepuasan Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Di Kota Medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 4(3), 187-193.
Lestari, H. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Financial Well-Being. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1577-1598.
Rahayu, N. K. D. S. (2023). Pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Undiksha (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Utami, V. D., Rayo, V., Devara, R., & Pranyoto, E. (2020). Pengaruh Financial Attitude, Financial Literacy, Financial Socialization Agents, dan Childhood Consumer Experience Terhadap Financial Satisfaction. Kolokium Prodi Manajemen, 1(01).
Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh pengetahuan keuangan dan sikap keuangan terhadap locus of control dan perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa ekonomi. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6(1), 96-112.
Tsuroyya, K., & Nuryana, I. (2021). The influence of attitudes, internal locus, and financial socialization agents on financial management behavior. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 188-201.
Panjaitan, Y. E. (2021). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Financial Satisfaction Dengan Financial Behavior Sebagai Moderating Variable (Studi Kasus Pada UMKM di Kabupaten Sleman, Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional” Veteran” Yogyakarta).
Anggraeny, M. P., & Sufyani, M. A. (2022). Pengaruh Income, Financial Attitude, Dan Financial Behavior Terhadap Financial Satisfaction (Survey Pada Ibu Rumah Tangga Desa Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang) (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan bandung).
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Xiao, J. J., & O’Neill, B. (2016). Propensity to plan, financial socialization, and financial well-being of college students. Journal of Consumer Affairs, 50(1), 111–140. https://doi.org/10.1111/joca.12065
Ajzen, I. (1985). From intentions to actions: A theory of planned behavior. In J. Kuhl & J. Beckmann (Eds.), Action Control: From Cognition to Behavior (pp. 11–39). Berlin, Heidelberg:Springer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marsayas Dangeubun, Xaverius Janwarin , Theodora Tomasoa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.


