Pengaruh Diskon Dan Fitur Cashback Pada E-Wallet Terhadap Minat Transaksi Non-Tunai Mahasiswa

The Effect Of Discounts And Cashback Features On E-Wallets On Students' Interest In Non-Cash Transactions

Authors

  • Nenden Susilowati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Hetika Precillia Anggraeni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Aisa Bela Khurota Ayun Universitas Negeri Yogyakarta
  • Indah Puji Astuti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Elve Dhesta Arfindha Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v23i2.89844

Keywords:

Cashback, Diskon, E-Wallet, Teknologi Keuangan, Transaksi Non-Tunai

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pengaruh diskon dan fitur cashback pada e-wallet terhadap minat mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta dalam melakukan transaksi non-tunai. Latar belakang penelitian didasarkan pada semakin meningkatnya penggunaan e-wallet di kalangan mahasiswa seiring perkembangan teknologi digital dan strategi promosi yang semakin gencar dilakukan untuk mendorong transaksi non-tunai. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 115 mahasiswa sebagai responden. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert, yang telah diuji terlebih dahulu untuk memastikan validitas serta reliabilitasnya. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa secara simultan diskon dan cashback memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan transaksi non-tunai. Temuan ini memperkuat bahwa strategi promosi berbasis harga masih relevan sebagai upaya pemasaran digital yang efektif. Rekomendasi ditujukan bagi penyedia layanan e-wallet untuk terus memaksimalkan strategi promosi yang selaras dengan preferensi generasi muda, khususnya mahasiswa, melalui penyediaan diskon yang menarik serta cashback yang transparan, fleksibel, dan mudah diakses.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Amalia, V., Suratno, & Eriyani. (2025). Cashback and Discounts in Promoting Sustainable Digital Transactions Among Students: A QRIS Case Study. Journal of Economic Education, 14(1), 15–29. https://doi.org/10.15294/jeec.v14i1.24227

Berlianawati, D. I., Nurabiah, N., & Ridhawati, R. (2024a). Exploring The Mind of Gen Z: Deciphering E-wallet Adoption Through The Lens of TPB Theory. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 19(1), 133. https://doi.org/10.24843/jiab.2024.v19.i01.p09

Berlianawati, D. I., Nurabiah, N., & Ridhawati, R. (2024b). Exploring The Mind of Gen Z: Deciphering E-wallet Adoption Through The Lens of TPB Theory. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 19(1), 133. https://doi.org/10.24843/jiab.2024.v19.i01.p09

Chong, A. Y. J., Ee, L. Y. C., Gengeswari, K., & Chan, L. M. (2024). User Reluctancy toward E-Wallet. Insights of Gen-Z in India, China, and Malaysia. Pakistan Journal of Life and Social Sciences, 22(2), 3119–3133. https://doi.org/10.57239/PJLSS-2024-22.2.00228

Erwan, E. S., & Setiawan, E. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana Pada Mahasiswa di Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 129–140. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.822

Fathoni, J. (2024). The Effect of Discounts, Cashback and Promotions on Impulse Buying through Hedonic Shopping Motivation as an Intervening Variable in Shopee Consumers Islamic Perspective: A Case Study of Students in Banyuwangi Regency. Indonesian Journal of Islamic Economics & Finance, 7(1), 1–14.

Fiqrianto, M., Putra, A., Pratama, D., & Larassaty, A. L. (2025). Pengaruh Cashback dan Diskon terhadap Konsumsi Digital E-Wallet: Studi Kasus Generasi Z. In Journal of Sustainable Social and Economics (Vol. 1, Issue 1).

Hamizar, A., Nacikit, M. R., & Holle, M. H. (2023). Perilaku Adopsi Cahsless sebagai Dampak Insentif Keuangan (Cashback, Diskon & Program Loyalitas). Advantage: Journal of Management and Business, 2(1), 49–59. https://doi.org/https://doi.org/10.61971/advantage.v2i1.31

Handayani, R., & Sulaeman, E. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Menggunakan Kembali Dompet Digital ShopeePay. YUME : Journal of Management, 5(3), 81–92. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.4749

Ho, C.-Y., Kim, N., Rong, Y., & Tian, X. (2022). Promoting Mobile Payment with Price Incentives. Management Science, 68(10), 7614–7630. https://doi.org/10.1287/mnsc.2021.4233

Lee, Y. Y., Gan, C. L., & Liew, T. W. (2023). Do E-wallets trigger impulse purchases? An analysis of Malaysian Gen-Y and Gen-Z consumers. Journal of Marketing Analytics, 11(2), 244–261. https://doi.org/10.1057/s41270-022-00164-9

Maulidiya, Z., & Khusnudin, K. (2024). E-Wallet Adoption in Digital Payment Services: The Impact of Convenience, Trust, and Lifestyle. Formosa Journal of Multidisciplinary Research. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/fjmr.v4i4.137

Mawardani, F., Niaga, P. T., Ekonomika, F., & Bisnis, D. (2021). Renny Dwijayanti. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1455-1463

Mehrabian, & Russell. (1974). An Approach to Environmental Psychology.

Mufidah, B. R., Az-Zahra, F. H., Ramadina, R. F. M., & Rakhmawati, N. A. (2023). Analisis Promo E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(2), 78–87. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/jrbi.v9i2.4715

Pernanda, T., Aswan, A., & Balele, B. (2021). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Diskon, dan Cashback, terhadap Konsumsi Mahasiswa Menggunakan E-wallet. Journal of Business Administration (JBA), 1(2).

Pinem, R. J., Afrizal, T., & Saputra, J. (2020). The Relationship of Cashback, Discount, and Voucher toward Decision to Use Digital Payment in Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(3s), 2766–2774.

Prasasti, A., Aulisaina, F. I., & Rahman Hakim, M. A. (2021). Does Discount Matter in Indonesia e-Wallet Race? A Qualitative Study on Generation Z e-Wallet Preferences During Pandemics. The Winners, 22(1). https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7019

Rifaatul Indana. (2024). Investigating the Impact of Technology Acceptance Factors on Digital Payment Interest. Journal of Finance and Islamic Banking. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/jfib.v7i2.10020

Savitri, M., Mahardini, S., & Kurniawan, L. (2025). Pengaruh Program Cashback, Diskon, Dan Metode. Ikraith Ekonomika. https://doi.org/10.37817/IKRAITH-EKONOMIKA

Sawant, C., & Joshi, M. (2024). A Study of Preference Towards the E-Wallets Among the College Students in Mumbai Suburban Region. Journal of Nonlinear Analysis and Optimization, 15(5), 2024.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. https://elibrary.pearson.de/book/99.150005/9781292269269

Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan menggunakan e-wallet dan persepsi manfaat serta promosi terhadap minat beli ulang saldo e-wallet Ovo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155–163. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2019.24834

Teresha, C., Fazri, A., & Manajemen FEB niversitas Jambi, P. (2022). Pengaruh Diskon, Voucher, dan Cashback terhadap Minat Konsumen Menggunakan Pembayaran Elektronik Shopeepay. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jdm.v10i1.24501

Wang, C. (2014). Antecedents and consequences of perceived value in Mobile Government continuance use: An empirical research in China. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.01.034

Downloads

Published

09/25/2025

How to Cite

Susilowati, N., Hetika Precillia Anggraeni, Aisa Bela Khurota Ayun, Indah Puji Astuti, & Elve Dhesta Arfindha. (2025). Pengaruh Diskon Dan Fitur Cashback Pada E-Wallet Terhadap Minat Transaksi Non-Tunai Mahasiswa: The Effect Of Discounts And Cashback Features On E-Wallets On Students’ Interest In Non-Cash Transactions. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 23(2), 47–60. https://doi.org/10.21831/jpai.v23i2.89844