Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Tes W-GCTA

Analysis Critical Thinking Skill Of Vocational High School Students Using The W-Gcta Test

Authors

  • Maritza Widiastuti Universitas Sebelas Maret
  • Nurhasan Hamidi Universitas Seblas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v23i2.89149

Keywords:

keterampilan berpikir kritis, tes W-GCTA, model RED

Abstract

kejuruan menggunakan tes Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (W-GCTA). Penelitian ini menggunakan model RED yang dikembangkan oleh Goodwin Watson dan Edward M. Glaser. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di salah satu SMK di Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes W-GCTA untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Teknik uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah kejuruan termasuk kategori rendah. Pada indikator mengenali asumsi, kemampuan siswa termasuk kategori rendah. Pada indikator mengevaluasi argumen, kemampuan siswa termasuk kategori tinggi. Pada indikator menarik kesimpulan, rata-rata kemampuan siswa termasuk kategori rendah. Secara teoretis, penelitian ini berkontribusi dalam menguji tes W-GCTA berlandaskan model RED untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Secara praktis, penelitian ini menawarkan tes W-GCTA yang dapat digunakan guru sebagai alat untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa secara berkala karena telah dinyatakan layak digunakan.

References

Aiyub, Suryadi, D., Fatimah, S., & Kusnandi. (2021). Investigation of Watson-Glaser Critical Thinking Skills of Junior High School Students in Solving Mathematical Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012090.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529.

Bacanli, H., Dombayci, M. A., Demir, M., & Tarhan, S. (2011). Quadruble Thinking: Creative Thinking. Procedia - Soc. Behav. Sci, 12, 536–544.

Bangun, H. C. B., Simarmata, S. W., & Hasanah, N. (2024). Gambaran Bernalar Kritis Dalam Profil Pelajar Pancasila Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Siswa SMP Negeri 3 Salapian. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 13–20. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jb/article/view/1264.

Danaryanti, A., & Lestari, T. A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116–126. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4631.

Danczak, S. M., Thompson, C. D., & Overton, T. L. (2020). Development and validation of an instrument to measure undergraduate chemistry students’ critical thinking skills. Chemistry Education Research and Practice, 21(1), 62–78. https://doi.org/10.1039/c8rp00130h.

Davies, W., Strategist, G. P., & Talentlens, P. (2019). The Importance of Critical Thinking and How to Measure It. October.

Dewanto, W. K., Agustianto, K., & Sari, B. E. (2018). Developing Thinking Skill System for Modelling Creative Thinking and Critical Thinking of Vocational High School Student. Journal of Physics: Conference Series, 953. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012115.

Hidayati, Y., & Sinaga, P. (2019). The profile of critical thinking skills students on science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1402(4), 8–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/4/044075.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Indriani, A., Laelah, L., Aditya, G., Maulidah, N., Rahmawati, Y., & Pusporini, W. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Golo. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(1), 24–31. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no1.a14906.

Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media.

Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Fase E - Fase F Untuk SMA/MA/Program paket C. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334–338. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579.

Mulyana, H. A. (2025). Critical Thinking: Menuju Berargumen Logis dan Terstruktur. Goresan Pena.

Nadhiroh S, & Anshori I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56–68. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology: Humanlight, 2(1), 31–47. https://doi.org/https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292.

Pearson. (2017). Better decisions. Everywhere. Think about it! Retrieved from Pearson Talent Lens.

Pearson. (2020). Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal III (WG-III). https://www.pearson.com/content/dam/one-dot-com/one-dot-com/global/Files/efficacy-and-research/reports/Pearson_Efficacy_Watson-Glaser_2020.pdf.

Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child.

Prihantoro, D., & Saputra, T. W. (2025). Analisis Critical Thinking Skills Siswa Kelas XI Teknik Permesinan SMKN 1 Gombong Pada Pembelajaran Teknik Bubut Berdasarkan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 07(02), 61–72. https://doi.org/10.20961/nozel.v7i2.91186.

Purnaningsih, I., & Zulkarnaen, R. (2022). Identifikasi Faktor Penyebab Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas Viii. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 291. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7185.

Raslan, G., & Forawi, S. A. (2024). Examining critical thinking aptitudes of high school students using the W-GCTA test in the context of UAE. Thinking Skills and Creativity, 52(2024), 101509. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101509.

Setyawan, D. D., & Mustadi, A. (2020). Is hidrorium able to improve the students’ critical thinking skills? Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 20–28. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.28946.

Sianipar, V. M. (2018). Pembelajaran Literasi Informasi Terhadap Menulis Karangan Argumentasi. Prosiding Seminar Literasi Sastra Dalam Penguatan Pendidikan Karakter.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Simorangkir, F. M. A., Sinaga, F. I. S. H., Budiyono, E. F. C. S., Apriyanto, A., Raya, R., Warohmah, M., & Kusumastuti, S. Y. (2024). Buku Ajar Statistik Elementer. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Suriati, A., Sundaygara, C., & Maris, K. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053.

Susilawati, E., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal FKIP Universitas Mataram, 6(1), 11–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453.

Wardani, M., Feronika, T., & Ardianti, D. L. (2024). Analysis of Students Critical Thinking Skills in Conventional Learning. Lavoisier: Chemistry Education Journal, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.24952/lavoisier.v3i1.11598.

Watson, G., & Glaser, E. M. (2010). Watson-Glaser II: Technical manual and user’s guide (USA: NCS Pearson).

Yulianti, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar IPA Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 55–57. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPFI/article/view/2580.

Yulianto, H. (2016). Statistik 1. Lembaga Ladang Kata.

Yusar, T. R., & Kurniawati, D. (2023). Analysis of Students Critical Thinking Skills Using Essay Tests On Topics of Rate Reaction. Jurnal Pijar MIPA, 18(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i1.4507.

Downloads

Published

09/19/2025

How to Cite

Widiastuti, M., & Hamidi, N. (2025). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Tes W-GCTA: Analysis Critical Thinking Skill Of Vocational High School Students Using The W-Gcta Test. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 23(2), 22–36. https://doi.org/10.21831/jpai.v23i2.89149