Peningkatan Keterampilan Pemahaman Melalui Implementasi Model Direct Learning Dengan Media Virtual Trading
Improving Comprehension Skills Through The Application Of A Direct Learning Model Based On Virtual Trading
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v23i2.88476Keywords:
Comprehension, Learning Model, Virtual TradingAbstract
Penelitan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat perbedaan keterampilan kemampuan pemahaman mahasiswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan direct learning berbasis virtual trading dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran diskusi pada mata kuliah analisis investasi dan portofolio pada saat pretest, posttest dan N-Gain. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi Eksperimen, sampel dan populasi mahasiswa akuntansi yang mengampu mata kuliah analisisi investasi dan portofolio. Hasil penelitian tidak terdapat perbedaan keterampilan pemahaman pada kelas eksperimen dan kontrol. Kedua terdapat perbedaaan keterampilan kemampuan pemahaman dan yang ketiga terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemahaman mahasiswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran direct learning berbasis virtual trading dan kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran diskusi pada mata kuliah investasi dan portofolio.
References
A. Ikhwan. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam.
Abd Rahman BP, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, & Yumrian. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).
Andi Runis Makkulau, & Rusdiaman Rauf. (2020). MODEL PENERAPAN APLIKASI “VIRTUAL TRADING” DALAM MENINGKATKAN MINAT INVESTASI MAHASISWA SEBAGAI INVESTOR PEMULA. Jurnal of Management Dan Business, 3(3).
Bisyri Abdul Karim. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Educotional and Learning Journal, 1(2).
Citra Rizkiana, Asah Wiari Sidiq, & Mieftakhul Fuadi. (2021). Belajar Trading Saham Online Dengan Aplikasi Virtual Trading IDX Untuk Meningkatkan Minat Investasi Saham Pada Milenial. Jurnal Tematik, 3(2), 232–239.
Diah Kesumawati. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 STABAT. Jurnal Sintaksis, 3(2).
Dicky Hastjajo. (2019). Rancangan Eksperimen - Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2).
Disman, & S. Kurniawati. (2020). Meningkatkan Berfikir Kritis melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Animasi Analisis Grafis. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Evi Dwi Mualifah, Muhammad Imron, & Novy Rachma Herawati. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERINVESTASI DI PASARMODAL KONVENSIONAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERDEKA MADIUN. JAMER : Jurnal Ilmu – Ilmu Akuntansi Merdeka, 3(1).
Fitriani, A., & Irwan, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 3(1), 45–52.
Hermuningsih, & Wardani. (2016). Persepsi mahasiswa terhadap metode simulasi online trading di Bursa Efek Indonesia di Fakultas Ekonomi Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Joyce, Bruce, Marsha Weil, & Emily Calhoun. (2009). Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). . Pustaka Belajar.
Komang Wiwik Supartini. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Food and Beverage pada Kompetensi Menerapkan Teknik Platting dan Garnish. Journal Of Education Action Research, 5(2).
Lala Nailah Zamnah, & Angra Meta Ruswana. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 52–56.
Linda Astriani. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika , 3(1).
Muhibbin Syah. (2021). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.
Nugraheni, S., Fadilla, A., & Pangestuti, D. C. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL TRADING PADA MATA KULIAH MANAJEMEN INVESTASI DAN PORTOFOLIO. www.jurnal.penerbitwidina.com
Satrio Wijoyo, Endang Supardi, Komang Ade Komala Savitri, & Mutiah Mutiara Firdaus. (2024). The Use Virtual Trading Simulation in Teaching Stock Market: A Quasi-Experimental Method. Jurnal, 13(1).
Siwi Nugraheni, Ardhiani Fadilla, & Dewi Cahyani Pangestuti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Virtual Trading Pada Mata Kuliah Manajemen Investasi dan Portofolio. Jurnal Pnedidikan Indonesia, 2(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Tine Badriatin. (2020). PERAN SISTEM INFORMASI DAN REMOTE TRANDING TERHADAP PERTUMBUHAN PASAR MODAL DI KALANGAN GENERASI MUDA INDONESIA. Business Management And Entrepreunership Journal, 2(1).
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. . Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puspita Maelani, Najmudin, Asep Yana Yusyama; Dini Martinda Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.