IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI MATAKULIAH AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA JURUSAN PDU FIS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v5i1.869Abstract
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI MATAKULIAH AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA JURUSAN PDU FIS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Akuntansi Biaya yang sedang berjalan maupun untuk masa yang akan dating 2) Mengembangkan model pembelajaran berbasis kompetensi yang mampu meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar mahasiswa alam mata kuliah Akuntansi Biaya agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dirancang dalam dua putaran. Masing-masing putaran meliputi kegiatan: (1) perencanaan tindakan (2) implementasi tindakan (3) observasi/monitoring dan (4) refleksi. Pada putaran pertama digunakan metode pembelajran tutorial dan penyelesaian soal dengan bimbingan dosen. Sedangkan pada putaran kedua menggunakan metode pemberian tugas terstruktur (tugas lapangan) dengan sistem penilaian portofolio. Adapun siklus yang digunakan sesuai dengan mpsel Kemmis dan Mc. Taggart dengan teknis analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tutorial, penyelesaian soal dan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Akuntansi Biaya. Hal tersebut dapat diidentifikasi hasil observasi dan angket yang menunjukkan bahwa sebanyak 45 (98%0 mahasiswa menyatakan perkuliahan menyenangkan, perkuliahan tidak tegang, dosen memperhatikan mahasiswa, penjelasan dosen dapat difahami dan bahan ajar dapat membantu mahasiswa dalam belajar serta kreatifitas mahasiswa dapat diidentifikasi dari kemandirian dalam menyelesaikan kasus akuntansi biaya pada perusahaan hipotetis yang mencakup satu siklus sebagai pengganti tugas lapangan. Pembelajaran ini mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dengan nilai rata-rata pada putaran pertama adalah 54 menjadi 60.34 berikutnya menjadi 71. Pada putaran kedua dengan materi yang lebih komplek dan lebih sulit, prestasi belajar rata-rata 56.14, latihan kedua rata-rata 57.60 dan pemberian tuga dangan nilai rat-rata 71.24
Kata kunci : metode pembelajaran, aktivitas dan kreativitas, prestasi belajar
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.