Hubungan Pengalaman Mengajar Dan Motivasi Menjadi Guru Dengan Pengambilan Keputusan Karir Menjadi Guru

The Relationship Of Teaching Experience And Motivation To Teach With Career Decision-Making In Becoming A Teacher

Authors

  • Nur Amin Sholekhah Universitas Sebelas Maret
  • Binti Muchsini Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v23i01.84594

Keywords:

pengambilan keputusan karir, pengalaman mengajar, motivasi menjadi guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengalaman mengajar dan motivasi menjadi guru dengan pengambilan keputusan karir menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Terdapat 2 (dua) variabel independen, yaitu Pengalaman Mengajar (X1) dan Motivasi menjadi Guru (X2), serta 1 (satu) variabel dependen, yaitu Pengambilan Keputusan Karir (Y) menjadi guru akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) hubungan positif dan signifikan antara pengalaman mengajar dengan pengambilan keputusan karir menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (sig) 0,000 (p<0,05) dengan nilai Pearson Correlation 0,682, (2) hubungan positif dan signifikan antara motivasi menjadi guru dengan pengambilan keputusan karir menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (sig) 0,002 (p<0,05) dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,302, serta (3) hubungan positif dan signifikan antara pengalaman mengajar dan motivasi menjadi guru dengan pengambilan keputusan karir menjadi guru secara simultan atau bersama-sama dengan perolehan nilai R sebesar 0,696 dengan nilai signifikansi F change 0,000 (p<0,05) dengan nilai sumbangan efektif Pengalaman Mengajar sebesar 44,1% dan Motivasi menjadi Guru sebesar 4,3% terhadap Pengambilan Keputusan Karir menjadi guru.

References

Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 183–187.

Ardiana, T. E. (2017). PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SMK DI KOTA MADIUN. JURNAL AKUNTANSI DAN PAJAK, 17 (2), 14–23.

Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2023). KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA BERPRESTASI RENDAH. IIUCP) Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3 (1), 131–143.

Darmasaputro, A. (2018). Hubungan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier dan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 14 (1), 1–11.

Juliyanti, R., & Azizah, N. (2021). Motivasi Pilihan Karir bagi Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Anterior Jurnal, 20 (2), 119–126.

Khasanah, W. N., & Kardiyem. (2022). PERAN PROSPEK KERJA DALAM MEMODERASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI THE ROLE OF JOB PROSPECTS IN MODERATING STUDENT DECISION MAKING CHOOSING AN ACCOUNTING EDUCATION STUDY PROGRAM. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(2), 155–175.

Kudus, I., Haryadi, R., Mubarok, H. F., & Suganda, D. A. (2023). POLA KARIR DALAM RESTRUKTURISASI ORGANISASI PT. JASA SARANA (PERSERO). Jurnal Ilmiah “Neo Politea” FISIP Universitas Al-Ghifari, 4, 1–7.

Kurniawati, Y. (2018). PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, 3 (1), 46–53.

Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3 (1)(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Miski, R., & Mawarpury, M. (2017). PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA REMAJA YANG MENGALAMI PENGASUHAN OTORITER. Jurnal Ecopsy, 4 (3), 157–162.

Nagari, P. M., Susilowati, N., Taprihanto, T., Risyadayana, S., & Lestari, P. (2021). Faktor Penentu Pilihan Karir Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Tinjauan Social Cognitive Career Theory). Business and Accounting Education Journal, 2 (2)(2), 129–138. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.50578

Nawawi, M. S. (2022). PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KESEJAHTERAAN GURU, SERTA PENGARUH KETIGANYA TERHADAP KINERJA GURU (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR REVIEW ILMU MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MANAJEMEN KEUANGAN). Jurnal Manajemes Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3 (1)(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2021). THE EFFECT OF TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) ON BECOME TEACHER READINESS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 99-115.

Pujiastuti, F. (2018). Penerapan Layanan Informasi Karir untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18 (2), 160–170.

Puspitasari, W., & Asrori. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Dengan Efikasi Diri Se-bagai Variabel Intervening. EEAJ, 8(3), 1061–1078. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35724

Rachmawati, A., Wulan, M., & Saraswati, A. M. (2023). THE INFLUENCE OF PROFESSIONAL TRAINING, JOB MARKET CONSIDERATIONS, AND WORK ENVIRONMENT ON ACCOUNTING STUDENTS’ INTEREST IN A CAREER TO BECOME PUBLIC ACCOUNTANTS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21(2), 40–49.

Rahayu, S. O. (2012). PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR MENJADI GURU DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PROFESI ORANG TUA [Undergraduate Thesis]. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Riahmatika, I., & Widhiastuti, R. (2019). Economic Education Analysis Journal Terakreditasi SINTA 5 Peran Self-Efficacy dalam Memediasi. EEAJ, 8(3), 983–1000. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35722

Sari, W. P. (2016). PENGARUH GAJI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA SWASTA BAGAN SINEMBAH, ROKAN HILIR, RIAU. TINGKAP, 12 (1), 65–81.

Sihotang, S. A. Br., & Lubis, P. K. D. (2024). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II TERHADAPPENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DIMEDIASI OLEH MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2020. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7 (4), 16014–16024.

Solikhati, N., & Saraswati, S. (2021). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa. IJGC, 10 (1)(1), 64–71. https://doi.org/10.15294/ij

Tangge, L., & Ferlin, A. (2018). Pengaruh Pengalaman Mengajar dan Motivasi Kerja Terhadap Guru Biologi Tersertifikasi Di SMA Negeri Se-Kota Palu The Impact of Teaching Experience And WorkMotivation to the Performance of Certified Biology Teacher of SMA Negeri in Palu. Proceeding Biology Education Conference, 15, 515–523.

Trisetyoningsih, E. (2023). Pengaruh Pengalaman Mengajar, Motivasi Kerja, dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru TK di IGTKI Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen Tahun 2022. Media Manajemen Pendidikan, 6 (2), 306–316. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Wahyuningsih, D. D., & Alhusin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 52–69.

Wiranti, R. (2021). Pengaruh pengalaman mengajar dan motivasi mengajar terhadap profesionalisme guru taman kanak-kanak se-kecamatan Way Jepara. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.297

Wolf, A. G., Auerswald, S., Seinsche, A., Saul, I., & Klocke, H. (2021). German student teachers’ decision process of becoming a teacher: The relationship among career exploration and decision-making self-efficacy, teacher motivation and early field experience. Teaching and Teacher Education, 105, 103350. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103350

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT MENJADI GURU, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU YANG PROFESIONAL. EEAJ, 5 (1), 100–114. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Zola, N., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Konsep social cognitive career theory. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7 (1)(1), 24–28. https://doi.org/10.29210/30031454000

Downloads

Published

04/30/2025

How to Cite

Sholekhah, N. A., & Muchsini, B. (2025). Hubungan Pengalaman Mengajar Dan Motivasi Menjadi Guru Dengan Pengambilan Keputusan Karir Menjadi Guru: The Relationship Of Teaching Experience And Motivation To Teach With Career Decision-Making In Becoming A Teacher. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 23(01), 44–56. https://doi.org/10.21831/jpai.v23i01.84594