Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
The Effectiveness Of Tutorial Video Learning Media In Enhancing Learning Independence Of Accounting Education Students
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v23i01.84022Keywords:
Media Pembelajaran Akuntansi, Video Tutorial, Kemandirian BelajarAbstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemandirian belajar antara mahasiswa yang menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual dengan mahasiswa yang tidak menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual pada Matakuliah Spreadsheet. 2) mengukur efektivitas penerapan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Matakuliah Spreadsheet Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FEB UNY. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY selama bulan Februari-September 2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample test, sedangkan untuk mengukur efektivitas menggunakan rumus Cohen D. Hasil analisis menggunakan paired sample test menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000 yaitu kurang dari 0,05. Hasil tersebut menujukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dari penelitian ini diterima, dimana penggunaan media video tutorial pada kasus penelitian kali ini dinilai efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada matakuliah spreadsheet pada kelas eksperimen (kelas U), atau dengan kata lain hipotesis akhir (H0) dari penelitian ini ditolak. Hasil ini didukung dengan adanya uji effect size dimana hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai effect size adalah sebesar 0.730469 yang artinya penerapan media video tutorial pada pembelajaran spreadsheet memiliki efek pada kemandirian belajar mahasiswa. Efek yang ditimbulkan termasuk pada kategori moderat.
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Brame, C. J. (2016). Effective educational videos: Principles and guidelines for maximizing student learning from video content. CBE—Life Sciences Education, 15(4), es6.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (4th ed.). San Francisco: Pfeiffer.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education (7th ed.). New York: McGraw-Hill.
Kay, R. H. (2012). Exploring the use of video podcasts in education: A comprehensive review of the literature. Computers in Human Behavior, 28(3), 820–831.
Knowles, M. S. (1984). The Adult Learner: A Neglected Species (3rd ed.). Houston: Gulf Publishing.
Macias, M. E., & Mendez, I. (Oktober 2007). Elab-remote electronics lab in real time. Makalah disajikan pada ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference, di Milwaukee.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.222
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Prastowo, A. (2012). Paduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Sanurdi, S., Syahril, S., Erizon, N., & Nabawi, R. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Bubut Menjadi Video Tutorial Untuk Pembelajaran Hybrid Learning Di Smk Negeri 1 Padang. Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 80–87.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Universitas Indonesia. (2007). Pedoman penjaminan mutu penyelenggaraan e-learning. Jakarta: Badan Penjaminan Mutu Akademik Universitas Indonesia.
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizqi Ilyasa Aghni, Dian Normalitasari Purnama, Siswanto Siswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.