EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI
THE EFFECTIVENESS OF TUTORIAL VIDEO LEARNING MEDIA IN ENHANCING LEARNING INDEPENDENCE OF ACCOUNTING EDUCATION STUDENTS
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemandirian belajar antara mahasiswa yang menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual dengan mahasiswa yang tidak menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual pada Matakuliah Spreadsheet. 2) mengukur efektivitas penerapan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Matakuliah Spreadsheet Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FEB UNY. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY selama bulan Februari-September 2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample test, sedangkan untuk mengukur efektivitas menggunakan rumus Cohen D. Hasil analisis menggunakan paired sample test menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000 yaitu kurang dari 0,05. Hasil tersebut menujukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dari penelitian ini diterima, dimana penggunaan media video tutorial pada kasus penelitian kali ini dinilai efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada matakuliah spreadsheet pada kelas eksperimen (kelas U), atau dengan kata lain hipotesis akhir (H0) dari penelitian ini ditolak. Hasil ini didukung dengan adanya uji effect size dimana hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai effect size adalah sebesar 0.730469 yang artinya penerapan media video tutorial pada pembelajaran spreadsheet memiliki efek pada kemandirian belajar mahasiswa. Efek yang ditimbulkan termasuk pada kategori moderat.
Kata kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Video Tutorial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizqi Ilyasa Aghni, Dian Normalitasari Purnama, Siswanto Siswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.