Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

The Effectiveness Of Tutorial Video Learning Media In Enhancing Learning Independence Of Accounting Education Students

Authors

  • Rizqi Ilyasa Aghni Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNY
  • Dian Normalitasari Purnama Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNY
  • Siswanto Siswanto Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v23i01.84022

Keywords:

Media Pembelajaran Akuntansi, Video Tutorial, Kemandirian Belajar

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemandirian belajar antara mahasiswa yang menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual dengan mahasiswa yang tidak menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual pada Matakuliah Spreadsheet. 2) mengukur efektivitas penerapan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Audio Visual dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Matakuliah Spreadsheet Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FEB UNY. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY selama bulan Februari-September 2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample test, sedangkan untuk mengukur efektivitas menggunakan rumus Cohen D. Hasil analisis menggunakan paired sample test menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000  yaitu  kurang dari 0,05. Hasil tersebut menujukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dari penelitian ini diterima, dimana penggunaan media video tutorial pada kasus penelitian kali ini dinilai efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada matakuliah spreadsheet pada kelas eksperimen (kelas U), atau dengan kata lain hipotesis akhir (H0) dari penelitian ini ditolak. Hasil ini didukung dengan adanya uji effect size dimana hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai effect size adalah sebesar  0.730469 yang artinya penerapan media video tutorial pada pembelajaran spreadsheet memiliki efek pada kemandirian belajar mahasiswa. Efek yang ditimbulkan termasuk pada kategori moderat.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Brame, C. J. (2016). Effective educational videos: Principles and guidelines for maximizing student learning from video content. CBE—Life Sciences Education, 15(4), es6.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (4th ed.). San Francisco: Pfeiffer.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Kay, R. H. (2012). Exploring the use of video podcasts in education: A comprehensive review of the literature. Computers in Human Behavior, 28(3), 820–831.

Knowles, M. S. (1984). The Adult Learner: A Neglected Species (3rd ed.). Houston: Gulf Publishing.

Macias, M. E., & Mendez, I. (Oktober 2007). Elab-remote electronics lab in real time. Makalah disajikan pada ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference, di Milwaukee.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.

Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.222

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Prastowo, A. (2012). Paduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Sanurdi, S., Syahril, S., Erizon, N., & Nabawi, R. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Bubut Menjadi Video Tutorial Untuk Pembelajaran Hybrid Learning Di Smk Negeri 1 Padang. Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 80–87.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Indonesia. (2007). Pedoman penjaminan mutu penyelenggaraan e-learning. Jakarta: Badan Penjaminan Mutu Akademik Universitas Indonesia.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

04/30/2025

How to Cite

Aghni, R. I., Purnama, D. N., & Siswanto, S. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi: The Effectiveness Of Tutorial Video Learning Media In Enhancing Learning Independence Of Accounting Education Students. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 23(01), 36–43. https://doi.org/10.21831/jpai.v23i01.84022