BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF: ANALISIS ISI BUKU TEKS AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v22i1.71859Abstract
Buku teks merupakan sumber belajar yang masih banyak digunakan untuk pembelajaran di sekolah, namun hanya sedikit penelitian yang secara khusus mengevaluasi buku teks akuntansi keuangan SMK kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi buku teks akuntansi keuangan kelas XI SMK dari aspek tujuan pembelajaran dan latihan soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Analisis isi tersebut berdasarkan elemen berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, kesimpulan, evaluasi, pembuktian, perbaikan diri dan indikator kreativitas menurut Guilford yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, berpikir terperinci. Tahapan penelitian ini diadopsi dari Hopf dan Schmidt yang terdiri dari mengembangkan kategori, membuat kode, mengkodekan data, menyajikan tabel, serta menginterpretasikan hasil. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder dan terdiri dari tiga buku teks. Hasil penelitian menemukan keterampilan berpikir kritis dan keatif lebih banyak termuat pada satu buku, sedangkan pada dua buku lainnya masih kurang. Kata kerja yang paling banyak ditemukan dalam kategori berpikir kritis seperti: menelaah, menjelaskan, mengklasifikasi, mendefinisikan, mengidentifikasi, mencatat, menganalisis, menghitung, menyimpulkan, dan menilai. Sementara pada berpikir kreatif seperti: membuat, menciptakan, menghasilkan, mengamati, meniru dan memodifikasi. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi literature dan wawasan bagi guru dalam menentukan buku teks yang akan digunakan dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.
Kata kunci: Buku teks, Analisis isi, Berpikir kritis, Berpikir kreatif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.