IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA DI SMK PGRI WONOASRI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.65274

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan dengan baik di SMK PGRI Wonoasri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan teknik penelitian berupa observasi, wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, guru Akuntansi Keuangan dan Lembaga dan siswa siswi SMK PGRI Wonoasri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang dilakukan oleh guru Akuntansi Keuangan dan Lembaga sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari pembekalan konsep kurikulum merdeka secara informative baik dalam online maupun offline. Kedua perancangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Ketiga merencanakan Alur Tujuan Pembelajaran, Keempat perancangan modul ajar yang sesuai dengan proyek penguatan pelajar Pancasila. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang beragam yang disesuaikan dengan materi ajar, seperti diskusi, discovery learning, Project Based Learning (PJBL), problem based learning (PBL). menggunakan pendekatan terdiferensiasi. Media yang digunakan yang digunakan sudah menggunakan audio, visual.

 

Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Akuntansi Keuangan dan Lembaga

Downloads

Published

12/30/2023

How to Cite

Sasmitha, W., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA DI SMK PGRI WONOASRI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21(2), 62–70. https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.65274