PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DIAKSY (DIGITAL AKUNTANSI SYARIAH)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.62736Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mendeksripsikan penggunaan multimedia interaktif DIAKSY (Digital Akuntansi Syariah) berbasis Google Sites dalam mendukung peningkatan pemahaman dari siswa di Sekolah Menengan Kejuruan (SMK). Penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode studi kasus diterapkan dalam penelitian ini. Subjek penelitian menggunakan 40 sampel yang merupakan siswa didik SMK yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan DIAKSY dalam kegiatan pembelajaran dapat mendukung meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa yang semula dari 65,75 menjadi 91,5. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan dari siswa dalam menyelesaikan soal yang disajikan pada materi transaksi pembiayaan salam pada bank syariah. Penggunaan media pembelajaran ini mampu menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga meningkatkan keaktifan siswa dalam mempelajari materi. Hal ini sesuai dengan tuntutan kurikulum yang menginginkan pembelajaran berpusat pada siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan. Dengan demikian, penggunaan DIAKSY dalam kegiatan pembelajaran dapat mendukung meningkatkan pemahaman siswa.
Kata kunci: akuntansi syariah; media pembelajaran; multimedia interaktif; pemahaman siswaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.