PENGARUH PENGUASAAN AKUNTANSI DASAR, LOCUS OF CONTROL, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAPJDM XII AKL SMK NEGERI 1 KEMLAGI

Authors

  • Wahyu Ning Tiyas Universitas Negeri Surabaya
  • Rochmawati Rochmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.61518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penguasaan Akuntansi Dasar, Locus of Control dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar PAPJDM baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AKL di SMK Negeri 1 Kemlagi Tahun Ajaran 2022/2023 sejumlah 100 siswa. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Terdapat Pengaruh Posititf dan Signifikan Penguasaan Akuntansi Dasar, Locus of Control dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar PAPJDM baik secara simultan maupun secara parsial yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05.

Kata kunci : Penguasaan Akuntansi Dasar, Locus of Control, Lingkungan Belajar

Downloads

Published

07/06/2023

How to Cite

Tiyas, W. N., & Rochmawati, R. (2023). PENGARUH PENGUASAAN AKUNTANSI DASAR, LOCUS OF CONTROL, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAPJDM XII AKL SMK NEGERI 1 KEMLAGI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21(1), 115–128. https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.61518