DITERIMANYA HASIL BELAJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI: PERAN MEDIASI MINAT BELAJAR

Authors

  • Ajeng Metha Lutfyana Universitas Negeri Semarang
  • Amir Mahmud Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.54770

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemic covid-19. Praktikum akuntansi keuangan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi. Pembelajaran yang paling terbebani selama pandemic yaitu pembelajaran berbasis praktikum secara online. Pembelajaran praktikum secara online menuai banyak hambatan yang dialami baik dosen maupun mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji variabel eksogen keyakinan diri dan lingkungan belajar terhadap variabel endogen yaitu hasil belajar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar dan minat belajar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2020 Universitas Negeri Semarang dengan jumlah 163 mahasiswa. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 116 responden menggunakan teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan Simple Random Sample. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dengan bantuan google form. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan diri dan lingkungan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar dan minat belajar. Keyakinan diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Lingkungan belajar dan minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. Motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar. Keyakinan diri dan lingkungan belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar serta, minat belajar mampu memediasi pengaruh keyakinan diri dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar.

Kata kunci: Keyakinan Diri, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar

Author Biography

Amir Mahmud, Universitas Negeri Semarang

Dosen Pendidikan Akuntansi UNNES

Downloads

Published

01/04/2023

How to Cite

Lutfyana, A. M., & Mahmud, A. (2023). DITERIMANYA HASIL BELAJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI: PERAN MEDIASI MINAT BELAJAR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(2), 176–197. https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.54770