DITERIMANYA HASIL BELAJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI: PERAN MEDIASI MINAT BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.54770Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemic covid-19. Praktikum akuntansi keuangan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi. Pembelajaran yang paling terbebani selama pandemic yaitu pembelajaran berbasis praktikum secara online. Pembelajaran praktikum secara online menuai banyak hambatan yang dialami baik dosen maupun mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji variabel eksogen keyakinan diri dan lingkungan belajar terhadap variabel endogen yaitu hasil belajar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar dan minat belajar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2020 Universitas Negeri Semarang dengan jumlah 163 mahasiswa. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 116 responden menggunakan teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan Simple Random Sample. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dengan bantuan google form. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan diri dan lingkungan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar dan minat belajar. Keyakinan diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Lingkungan belajar dan minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. Motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar. Keyakinan diri dan lingkungan belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar serta, minat belajar mampu memediasi pengaruh keyakinan diri dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar.
Kata kunci: Keyakinan Diri, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.