PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME TAX ADMINISTRATION MILLIONAIRE QUIZ UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5192Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan game edukatif sebagai media pembelajaran Administrasi Pajak bagi siswa kelas XI Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo, 2) Mengetahui kelayakan game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz menggunakan aplikasi Adobe Flash dan melalui 5 tahap pengembangan yaitu: 1) Studi pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal, 4) Uji coba dan evaluasi, 5) Produk akhir dan penyebaran. Kelayakan game edukatif ini diperoleh melalaui lima tahapan penilaian yang dilakukan pada tahap pengembangan produk awal serta uji coba dan evaluasi. Tingkat kelayakan rata-rata skor berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh 4,16 (Layak), 2) Ahli media diperoleh 4,42 (Sangat Layak), 3) Uji coba perorangan diperoleh 4,55 (Sangat Layak), 4) Uji coba kelompok kecil diperoleh 4,30 (Sangat Layak), 5) Uji coba lapangan diperoleh 4,37 (Sangat Layak). Dari hasil penilaian kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz "Layak" digunakan sebagai media pembelajaran Administrasi Pajak.
Kata Kunci : Game edukatif, media pembelajaran, Tax Administration Millionaire Quiz, SMK, Administrasi Pajak, Borg & Gall.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.