PERBEDAAN NHT BERBANTU KARTU DAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Authors

  • Ristiningsih Mulyawati Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sumarsih Sumarsih Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Kartu dan Diskusi dalam meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental. Terdapat kelas eksperimen yang diberi perlakuan Tipe NHT Berbantu Kartu, kelas kontrol dengan Diskusi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan tes kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian pembelajaran NHT berbantu kartu lebih meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi dibandingkan dengan Diskusi. Perbedaan signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t Aktivitas Belajar Akuntansi thitung > ttabel (3,178 > 2,00030). Uji-t Hasil Belajar Akuntansi diperoleh thitung > ttabel (4,247 > 2,00030). Perbedaan Aktivitas Belajar Akuntansi juga dapat dilihat dari peningkatan persentase observasi sebesar 13% di kelas eksperimen, kelas kontrol 9%, peningkatan persentase angket kelas eksperimen 4%, kelas kontrol 3%. Rata-rata selisih posttest-pretest materi I kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 13,75%, kelas kontrol 7,03%, sama halnya dalam materi II kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 45,13%, kelas kontrol 24,61%. Ketuntasan belajar kelas eksperimen materi I terdapat 96,77% siswa tuntas, kelas kontrol 93,75%. Materi II di kelas eksperimen terdapat 93,75% siswa tuntas, kelas kontrol 75%.

 

Kata kunci: Aktivitas Belajar Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Kartu, Metode Diskusi.

Downloads

Published

06/01/2015

How to Cite

Mulyawati, R., & Sumarsih, S. (2015). PERBEDAAN NHT BERBANTU KARTU DAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5188