PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN GROUP-WORKMELALUI KOMBINASI PEMBELAJARAN PEER LEARNING DAN BLENDED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5169Abstract
AbstrakTujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: (1) meningkatkan prestasi belajar mahasiswa melalui kombinasi pembelajaran Peer Learning dan Blended Learning pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY, (2) meningkatkan kemampuan Group-work mahasiswa melalui kombinasi pembelajaran Peer Learning dan Blended Learning pada mahasiswa
Pendidikan Akuntansi FE UNY. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan model Kemmis-Taggart. Penelitian ini didahului dengan mengembangkan perangkat pembelajaran Blended Learning yang dikombinasikan dengan Peer Learning untuk mata kuliah Bahasa Inggris. Selanjutnya pembelajaran Blended Learning digunakan dalam proses
pembelajaran dan dikombinasikan dengan peer learning sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan Group-work mahasiswa. Tahap-tahap penelitian tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini
adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris pada semester khusus tahun akademik 2012/2013. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan tes/penugasan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Strategi pembelajaran Blended Learning yang dikombinasikan dengan peer learning terbukti berhasil memberikan manfaat dan meningkatkan Prestasi Belajar dan kemampuan Group-work yang dijabarkan dalam 7 aspek yaitu: peningkatan prestasi, munculnya keberagaman pendapat, peningkatan kemampuan berbahasa, peningkatan kemampuan bertanya, rasa bertanggung jawab terhadap
kesuksesan seluruh anggota kelompok, dan kemampuan bekerja dalam tim/grup.
Kata kunci: prestasi belajar, kemampuan group-work, blended learning, peer learning
Downloads
Published
06/01/2014
How to Cite
Sari, A. R. (2014). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN GROUP-WORKMELALUI KOMBINASI PEMBELAJARAN PEER LEARNING DAN BLENDED LEARNING. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5169
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.