PENINGKATAN PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PARTISIPASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5157Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan meningkatkan Pemahaman Akuntansi dan Partisipasi Siswa Kelas XI Akuntansi 4 SMKN 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 melalui Model Pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan, angket, dan tes yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan persentase skor Partisipasi siswa yang didapat melalui observasi sebesar 79,09% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 92,92% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 13,83%. Berdasarkan angket yang didistribusikan juga terjadi peningkatan skor Partisipasi Siswa sebesar 4,74% dimana skor pada siklus I sebesar 76,74% meningkat menjadi 81,48% pada siklus II. Terdapat peningkatan Pemahaman Akuntansi dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari peningkatan post test sebesar 11,25 serta naiknya persentase siswa yang mencapai KKM dari 83,87% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 100%.
Kata kunci: Problem Posing tipe Pre Solution Posing, Pemahaman Akuntansi, Partisipasi Siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.