NEED ASSESSMENT PEMBELAJARAN AKUNTANSI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA JURUSAN S1 PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNY

Authors

  • Rizqi Ilyasa Aghni Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNY https://orcid.org/0000-0001-5397-4747
  • Siswanto Siswanto Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNY
  • Merinda Noorma Novida Siregar Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNY
  • Dian Normalitasari Purnama Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.45540

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui kebutuhan pembelajaran Akuntansi di masa pandemi Covid-19, yang meliputi: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran; 2) Kendala yang dialami mahasiswa; 3) Kendala yang dialami dosen; 4) Kebutuhan mahasiswa untuk menunjang pembelajaran daring; 5) Kebutuhan dosen untuk menunjang pembelajaran daring. Penelitian dilaksanakan di Jurusan S1 Pendidikan Akuntansi FE UNY selama Februari-Juli 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratorif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran Akuntansi dilaksanakan dengan platform media seperti Besmart, Zoom, G-meet. Media pembelajaran yang digunakan antara lain modul PDF, powerpoint, video tutorial, video youtube, dan media lain sebagai penunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa secara mandiri; 2) Kendala yang dihadapi mahasiswa adalah kurangnya bahan ajar dan kuota internet, kesulitan jaringan, kurang paham materi, dan fasilitas kurang memadai; 3) Kendala paling banyak dialami dosen adalah banyak mahasiswa pasif ketika dosen menjelaskan; 4) Kebutuhan mahasiswa untuk menunjang pembelajaran daring meliputi buku, modul PDF, video Youtube, Powerpoint, artikel jurnal, kestabilan jaringan, kuota internet, gadget, lingkungan yang mendukung, dan platform pembelajaran; 5) Kebutuhan dosen untuk menunjang pembelajaran adalah buku pegangan, modul praktikum PDF, fasilitas internet yang memadai, artikel jurnal, platform pembelajaran, serta kemampuan membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

 

Kata Kunci: Need Assessment, Pembelajaran Daring Akuntansi, Masa Pandemi Covid-19

Downloads

Published

2022-01-02