PENGARUH LITERASI DIGITAL, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.44398Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar; (2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar; (3) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bantul dengan menggunakan sampel berjumlah 100 peserta didik dengan uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil menggunakan angket dan dokumen hasil Nilai Ulangan Harian I dan II serta nilai Ujian Tengah Semester untuk semester gasal. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang sebelumnya harus dilakukan pengujian prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Literasi Digital terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan nilai koefisien regresi (B1) 0,325 dan sig. (0,042 < 0,05); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan nilai koefisien regresi (B2) 0,202 dan sig. (0,017 < 0,05); (3) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan nilai koefisien regresi (B3) 0,057 dan sig. (0,635 > 0,05).
Kata Kunci: Literasi Digital, Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.