PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS GURU AKUNTANSI KEJURUAN BISNIS DAN MANAJEMEN SMK DI JAKARTA PUSAT)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.40396Abstract
Penelitian ini diawali dengan kondisi realita kinerja guru yang berdasarkan hasil capaian kerja dan wilayah masih tergolong dalam kategori cukup yang artinya diperlukan peningkatan agar lebih baik dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kinerja guru yang dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan disiplin kerja pada guru dengan studi kasus Guru Akuntansi Kejuruan Bisnis dan Manajemen SMK di Jakarta Pusat. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan juga data sekunder dari Penilaian Kinerja Guru. Sampel yang digunakan sebanyak 65 guru dengan teknik sampel proportionate random sampling. Data penelitian dianalisis dengan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan disiplin kerja kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun stimultan dengan kontribusi sebesar 46,1%. Penelitian ini berkontribusi terhadap pembuktian secara empiris mengenai pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan disiplin kerja kerja terhadap kinerja guru.
Keywords: Kinerja, Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Disiplin
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.