SUMBER BELAJAR ALTERNATIF MATA KULIAH AKUNTANSI BAGI MAHASISWA GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.37083Abstract
Penyesuaian dan inovasi pada proses pembelajaran diperlukan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa generasi Z terutama di era pembelajaran online seperti saat ini sehingga tercapai proses pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber belajar yang diminati oleh mahasiswa generasi Z serta alternatif sumber belajar yang telah digunakan oleh dosen pengajar akuntansi. Teknik survei digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Kuesioner dibagikan secara online kepada mahasiswa akuntansi serta dosen akuntansi di beberapa universitas dan politeknik di Indonesia. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sumber belajar yang digunakan dosen akuntansi telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa generasi Z, yaitu menggunakan video pembelajaran, modul serta perpaduan berbagai sumber belajar lain dalam mata kuliah akuntansi. Video pembelajaran yang diinginkan responden mahasiswa adalah yang menarik, disertai animasi, contoh kasus di lapangan serta contoh soal dan pembahasannya. Hasil penelitian ini diharapkan untuk dijadikan referensi oleh dosen akuntansi yang sedang mencari alternatif sumber belajar untuk mengajarkan mata kuliah akuntansi di kelas, terutama dalam menghadapi generasi Z yang membutuhkan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan pada proses pembelajaran online di era pandemi seperti saat ini.Downloads
Published
07/10/2021
How to Cite
Sari, P. A., & Fazda Oktavia, F. Z. (2021). SUMBER BELAJAR ALTERNATIF MATA KULIAH AKUNTANSI BAGI MAHASISWA GENERASI Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.37083
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.