PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.35345Abstract
Pendidikan tinggi pada abad 21 menuntut dosen dan mahasiswa untuk bersama-sama membentuk lingkungan belajar student centered learning. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: (1) perspektif mahasiswa terhadap model blended learning, (2) pengaruh model blended learning terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar (3) perbedaan hasil belajar mahasiswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 jurusan akuntansi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel penelitian adalah kelas A sebanyak sebanyak 47 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebanyak 45 orang sebagai kelas kontrol. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis inferential yaitu paired sample t test dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perspektif mahasiswa terhadap model blended learning berada pada kategori baik (2) terdapat pengaruh blended learning terhadap hasil belajar dengan nilai sig kurang dari 0.05, sedangkan mean aktivitas kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.