PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI

Authors

  • Della Fadhilatunisa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • M Miftach Fakhri Universitas Negeri Makassar
  • Rosidah Rosidah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.35345

Abstract

Pendidikan tinggi pada abad 21  menuntut dosen dan mahasiswa untuk bersama-sama membentuk lingkungan belajar student centered learning. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: (1) perspektif mahasiswa terhadap model blended learning, (2) pengaruh model blended learning terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar (3) perbedaan hasil belajar mahasiswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 jurusan akuntansi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel penelitian adalah kelas A sebanyak sebanyak 47 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebanyak 45 orang sebagai kelas kontrol. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis inferential yaitu paired sample t test dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perspektif mahasiswa terhadap model blended learning berada pada kategori baik (2) terdapat pengaruh blended learning terhadap hasil belajar dengan nilai sig kurang dari 0.05, sedangkan mean aktivitas kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Downloads

Published

12/06/2020

How to Cite

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93–106. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.35345