PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN METODE PQ4R

Authors

  • azimatun nimah Universitas Negeri Surabaya
  • rochmawati S.Pd. M.Ak. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.33352

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan LKPD bermetode PQ4R diketahui dapat meningkatkan kemampuan memahami peserta didik dengan langkah-langkah PQ4R untuk menciptakan proses membaca yang efektif. Materi perbedaan saldo kas dan saldo bank serta rekonsiliasi bank pada LKPD ini berupa konsep yang disajikan dalam bentuk tulisan dan angka, sehingga menekankan peserta didik untuk melakukan aktivitas membaca dalam memahami konsep dari setiap materi. Peranan LKPD PQ4R dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terencana dengan baik, mandiri, dan tuntas. Dengan begitu kebutuhan kompetensi pendidikan terpenuhi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu bahan ajar berupa LKPD menggunakan metode PQ4R pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Kurang lengkapnya bahan ajar yang digunakan serta tidak adanya bahan ajar pendukur dari bahan ajar utama pada pembelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 1 Duduk Sampeyan, untuk itu dikembangkan bahan ajar berupa LKPD Akuntansi Keuangan kelas XI pada materi perbedaan saldo kas dan saldo bank serta rekonsiliasi bank menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D menurut Thiagarajan yang meliputi empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah ahli, lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian berupa: 1) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) menggunakan metode PQ4R, 2) Kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik terdiri atas kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan, memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 81,95%, dengan kategori sangat layak, 3) Respon peserta didik memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 97,33%, dengan kategori sangat baik.

 


Kata kunci: LKPD, Metode PQ4R, Akuntansi Keuangan


Author Biography

rochmawati S.Pd. M.Ak., Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Akuntansi

Downloads

Published

07/10/2021

How to Cite

nimah, azimatun, & M.Ak., rochmawati S. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN METODE PQ4R. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 01–10. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.33352