PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN METODE PQ4R
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.33352Abstract
Proses pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan LKPD bermetode PQ4R diketahui dapat meningkatkan kemampuan memahami peserta didik dengan langkah-langkah PQ4R untuk menciptakan proses membaca yang efektif. Materi perbedaan saldo kas dan saldo bank serta rekonsiliasi bank pada LKPD ini berupa konsep yang disajikan dalam bentuk tulisan dan angka, sehingga menekankan peserta didik untuk melakukan aktivitas membaca dalam memahami konsep dari setiap materi. Peranan LKPD PQ4R dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terencana dengan baik, mandiri, dan tuntas. Dengan begitu kebutuhan kompetensi pendidikan terpenuhi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu bahan ajar berupa LKPD menggunakan metode PQ4R pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Kurang lengkapnya bahan ajar yang digunakan serta tidak adanya bahan ajar pendukur dari bahan ajar utama pada pembelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 1 Duduk Sampeyan, untuk itu dikembangkan bahan ajar berupa LKPD Akuntansi Keuangan kelas XI pada materi perbedaan saldo kas dan saldo bank serta rekonsiliasi bank menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D menurut Thiagarajan yang meliputi empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah ahli, lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian berupa: 1) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) menggunakan metode PQ4R, 2) Kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik terdiri atas kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan, memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 81,95%, dengan kategori sangat layak, 3) Respon peserta didik memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 97,33%, dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: LKPD, Metode PQ4R, Akuntansi Keuangan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.