PENDIDIKAN AKUNTANSI FORENSIK DI INDONESIA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32032Abstract
Penelitian ini menganalisis secara sistematis artikel dan penelitian yang sudah ada tentang pendidikan akuntansi forensik di Indonesia. Penelitian ini juga hendak mengidentifikasi tren penelitian di bidang pendidikan akuntansi forensik untuk mengetahui peluang atau gap topik yang belum dibahas terkait dengan topik ini. Penelitian ini merupakan kajian literatur yang menggunakan metode narrative review dan descriptive review.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua pihak sepakat bahwa akan ada kenaikan permintaan akuntansi forensik yang mendorong mulai diajarkannya akuntansi forensik di bangku perguruan tinggi. Sayangnya, terdapat perbedaan pendapat tentang bagaimana pengajaran akuntansi forensik tersebut. Pelajar dan akademisi mendukung topik akuntansi forensik dileburkan pada mata kuliah lain, sedangkan praktisi lebih menginginkan mata kuliah yang terpisah. Penelitian lain merumuskan bahwa keahlian dan karakter yang perlu dibangun pada diri akuntan forensik di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga atribut, yakni mentalitas, keahlian investigasi, dan pengalaman dalam menghadapi berbagai jenis kasus.
Kata kunci: kajian literatur, pendidikan akuntansi forensik, atribut akuntan forensik
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.