PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, KINERJA MENGAJAR GURU, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28697Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar secara sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah ex post facto dengan populasi sebanyak 96 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Validitas instrumen dibuktikan dengan rumus Korelasi Product Moment sedangkan reliabilitas diestimasi menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi ditunjukkan dengan nilai rx1y=0,490; r2x1y=0,240; 2)Terdapat pengaruh positif Kinerja Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi ditunjukkan nilai rx2y=0,369; r2x2y=0,136; 3)Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi ditunjukkan dengan nilai rx3y=0,765; r2x3y=0,586; dan 4)Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi ditunjukkan dengan nilai Ry(123)=0,786 ; R2y(123)=0,618.
Kata kunci: Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, SMK Negeri 1 Tempel
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.