PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019

Nur Fitria Intan Utari, Moh. Djazari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019, baik secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 127 siswa. Pengumpulan data mengunakan metode angket dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx1y = 0,348, r2x1y = 0,114, dan thitung > ttabel (4,012 >1,657) .(2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx2y = 0,275, r2x2y = 0,076 dan thitung > ttabel (3,204 >1,657). (3) Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx3y = 0,254, r2x3y = 0,064, dan thitung > ttabel (2,301 >1,657).  (4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar, yang dibuktikan dengan Ry(1,2,3) = 0,391, R2y(1,2,3) = 0,153, dan Fhitung > Ftabel (7,398 > 2,678). Sumbangan Efektif (SE) menunjukkan total sebesar 15,30%.

 

Kata kunci:  Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang metode Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.