IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STAD BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2709Abstract
Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif serta mengetahui respon siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penerapan Pembelajaran STAD Berbantu Permainan Ular Tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi yang dilakukan selama dua siklus. Materi yang disampaikan yaitu Kompetensi Dasar Pengelolaan Kartu dan Data Mutasi Aktiva Tetap. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, tes dan angket. Instrumen penelitian yaitu dokumentasi, catatan lapangan, lembar observasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif siswa. Rata-rata persentase Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 82,74% pada siklus I meningkat 13,70% menjadi 94,08% pada siklus II. Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif siklus I rata-rata 82,47 meningkat 10,54% menjadi 91,17 pada siklus II. Sementara itu respon siswa terhadap tindakan termasuk pada kategori setuju dengan skor klasikal sebesar 88,83%.
Kata kunci: Pembelajaran STAD Berbantu Permainan Ular Tangga, Aktivitas Belajar Akuntansi, Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.