PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Authors

  • Daniati Daniati Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sukanti Sukanti Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2708

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMKN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan, angket, dan tes yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi yang didapat melalui observasi sebesar 78,46% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 83,93% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 5,47%. Berdasarkan angket yang didistribusikan juga terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 3,12% dimana skor pada siklus I sebesar 78,31% meningkat menjadi 81,43% pada siklus II. Terdapat peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari peningkatan post test sebesar 13,96 serta naiknya persentase siswa yang mencapai KKM dari 71,43% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 100%.

 

Kata kunci: Numbered  Heads  Together , Motivasi  dan  Prestasi  Belajar Akuntansi

Downloads

Published

12/01/2014

How to Cite

Daniati, D., & Sukanti, S. (2014). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2708