16 MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOX SIMULASI MYOB ACCOUNTING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI

Denisa Nugrah Anggraeni, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Media dalam pembelajaran dinilai penting untuk menarik perhatian siswa dalam memahami isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting pada mata pelajaran komputer akuntansi untuk siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara, menghasilkan media pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting pada mata pelajaran komputer akuntansi yang layak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi, serta mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting dikembangkan melalui 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi diperoleh persentase kualitas kelayakan media sebesar 90,53% yang termasuk dalam kategori sangat layak, ahli media diperoleh persentase kualitas kelayakan media sebesar 91,25% yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan praktisi pembelajaran akuntansi diperoleh persentase kualitas kelayakan media sebesar 83,81% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Selanjutnya untuk penilaian siswa kelas XII Akuntansi 1 diperoleh persentase kualitas kelayakan media sebesar 94,67% yang termasuk dalam kategori sangat layak.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komputer Akuntansi, ADDIE, Pop-up Box, MYOB Accounting.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.