SISTEM PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v5i2.1780Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman mengenai sistem penilaian pada pembelajaran Akuntansi dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Pembelajaran Akuntansi dalam implementasi KTSP dilakukan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan konsep mastery learning. Pembelajaran Akuntansi mengutamakan target pencapaian yang dialami langsung oleh siswa. Sesuai konsep KTSP, pembelajaran Akuntansi memberi keleluasaan guru untuk mengelola pembelajaran sesuai dengan potensi darah dan kondisi sekolah serta mendorong siswa untuk lebih memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekolah dan lingkungannya. Penilaian Sistem penilaian pada pembelajaran Akuntansi menggunakan acuan kriteria. Penilaian yang dilakukan harus merupakan penilaian otentik agar penilaian yang dilakukan menggambarkan pencapaian kompetensi yang sebenarnya.. Penilaian otentik dilakukan dengan pendekatan penilaian berbasis kelas. Jenis penilaian yang dilakukan adalah penilaian tertulis, penilaian kinerja, serta penilaian portofolio.
Penilaian portofolio merupakan penilaian terhadap sekumpulan hasil karya siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi dengan baik yang merupakan karya favorit siswa. Portofolio disusun untuk satu satuan waktu pendidikan untuk mata pelajaran tertentu. Dalam penerapannya, guru harus bersikap hati-hati mengingat konsistensi antara dasar pemikiran pengembangan kurikulum dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas belum dapat dicapai. Hal ini disebabkan karena secara esensial tujuan yang akan dicapai dan sistem yang digunakan tidak sama.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.