ANALISIS AKTIVITAS SERTA NILAI PERDAGANGAN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN LQ45 DI BURSA EFEK JAKARTA

Dwi Suharyanti, Sukirno Sukirno, Moh Djazari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan 1). Aktivitas Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan yang rentabilitasnya meningkat pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Jakarta (BEJ), 2). Aktivitas Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan yang rentabilitasnya menurun pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Jakarta (BEJ), 3). Nilai Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan yang rentabilitasnya meningkat pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Jakarta (BEJ), 4). Nilai Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan yang rentabilitasnya menurun pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Populasi penelitian ini adalah perusahaan LQ45 periode Agustus 2000 di Bursa Efek Jakarta. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi, berupa data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory tahun 2001 serta data sekunder lain yang berasal dari Pojok BEJ. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan, tanggal publikasi laporan keuangan perusahaan, jumlah saham yang beredar, jumlah saham yang diperdagangkan, serta harga saham perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcoxon Signed Rank Test yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Aktivitas Perdagangan Saham dan Nilai Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perusahaan LQ45 periode Agustus 2000 di Bursa Efek Jakarta (BEJ) 1). Tidak terdapat perbedaan Aktivitas Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan yang rentabilitasnya meningkat, dengan nilai z hitung sebesar  -1,508 dan nilai z tabel sebesar 1,96 pada signifikansi 5%, 2). Tidak terdapat perbedaan Aktivitas Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan yang rentabilitasnya menurun, dengan nilai z hitung sebesar –1,682 dan nilai z tabel sebesar 1,96 pada signifikansi 5%, 3). Tidak terdapat perbedaan Nilai Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan yang rentabilitasnya meningkat, dengan nilai z hitung sebsar –0,255dan nilai z tabel sebesar 1,96 pada signifikansi 5%, 4). Tidak terdapat perbedaan Nilai Perdagangan Saham sebelum dan sesudah Publikasi Laporan Keuangan yang rentabilitasnya menurun, dengan nilai z hitung sebesar –0,255 dan nilai z tabel sebesar 1,96 pada signifikansi 5%.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i1.1771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                                 


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.