STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DAN EVALUASI BERBASIS KINERJA DALAM MATAKULIAH AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FIS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v4i1.1768Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui pendekatan konstruktivistik dan evaluasi berbasis kinerja dalam matakuliah Akuntansi Biaya dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.
.Data penelitian ini berupa nilai yang diperoleh melalui tugas, kuis, diskusi, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Data penelitian diperoleh melalui: (1) observasi partisipatif yang dilakukan oleh dua orang peneliti bersama dosen/pengajar matakuliah Akuntansi Biaya (sekaligus sebagai peneliti) selama pembelajaran akuntansi biaya berlangsung; (2) dokumen hasil unjuk kerja mahasiswa; (3) angket yang diisi oleh mahasiswa berkaitan dengan hambatan/kesulitan setelah proses pembelajaran Akuntansi Biaya selesai. Pengolahan data dilakukan dengan pengecekan kelengkapan data dan analisis data.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan prestasi belajar dalam matakuliah Akuntansi Biaya pada mahasiswa, pembelajaran ini diterapkan dengan cara subyek penelitian diminta untuk mengkonstruksikan konsep-konsep yang diperoleh dari hasil membaca buku referensi masing-masing sehingga ditemukan suatu kesimpulan sesuai dengan pemahamannya dengan dipandu oleh dosen. Pemahaman ini akan terekam dalam pemikiran sehingga mereka dapat mengulang kembali konsep-konsep tersebut pada saat diperlukan sehingga mampu meningkatkan prestasi belajarnya. (b) Evaluasi berbasis kinerja dapat memberikan penilaian yang obyektif dan menunjukkan kinerja mahasiswa yang sesungguhnya. Dari angket diperoleh data bahwa mahasiswa merasa puas dengan sistem penilaian yang diterapkan dengan alasan dapat menunjukkan nilai yang sesungguhnya dan obyektif.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.