PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PROSES ADMISTRASI TRANSAKSI PEMBELIAN DAN PENJUALAN SESUAI DENGAN SOP ADMINISTRASI TRANSAKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII PEMASARAN 3 SMK N I BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17222Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam rangka peningkatan kemampuan melakukan proses administrasi transaksi pembelian dan penjualan sesuai SOP administrasi dengan menggunakan metode simulasi pada peserta didik Kelas XIIPM3 SMK N I Bantul tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang menggunakan siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII PM3 dan objek penelitian ini adalah kemampuan melakukan proses administrasi transaksi pembelian dan penjualan sesuai SOP administrasi dengan menggunakan metode simulasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validitas data yang digunakan adalah validitas demokratis, validitas proses, dan validitas dialogis.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode simulasi mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan proses administrasi transaksi pembelian dan penjualan sesuai SOP administrasi transaksi. Hal ini terbukti dari berbagai respon peserta didik yang menyatakan bahwa mereka menjadi lebih jelas, lebih mudah, lebih paham karena metode simulasi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktikkan secara langsung alur proses administrasi pembelian dan penjualan sesuai SOP sesuai dengan dunia usaha/dunia industri pada umumnya walaupun hanya dalam bentuk praktik tiruan di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I sebanyak 19 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 9 kali pertemuan. Indikator keberhasilan hasil penelitian tindakan kelas diukur dari keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses ditunjukkan dengan meningkatkan sikap peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yaitu sikap memiliki motivasi, mendengarkan dengan aktif, berani bertanya, , bertanggung jawab, aktif berdiskusi, tertarik mengikuti kegiatan, memiliki semangat, dan memiliki rasa senang mengikuti pelajaran. Keberhasilan produk dapat dilihat dari hasil tes yang selalu meningkat mulai dari siklus I sampai akhirnya pada siklus kedua sebanyak 32 anak dinyatakan telah kompeten dan hanya satu anak saja yang belum kompeten karena mendapat nilai 70 dari kreteria KKM 75. Nilai rata-rata akhir siklus II adalah 84,09.
Kata kunci: Kemampuan melakukan proses administrasi, metode simulasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.