PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI

Bety Nur Achadiyah,
Nujmatul Laily,

Abstract


Locus of Control adalah bentuk psikologi yang berarti kepercayaan seseorang tentang apa yang menyebabkan keberuntungan atau ketidakberuntungan dalam kehidupannya (Rotter, 1996). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perilaku belajar mahasiswa yang merupakan bagian kehidupan mereka dengan menggunakan basis karakter kepribadian, waktu belajar yang pasti dan gaya belajar mereka terhadap hasil belajar yang diproksikan dengan nilai Ujian Akhir Semester mahasiswa. Untuk melaksanakan penelitian ini, digunakan 50 model pernyataan dari Rotter  (1996) dengan menggunakan skala likert empat poin. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Malang dan sampel yang diambil sebanyak 193 responden. Metode penyampelan menggunakan convenience method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal locus of control berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa namun penelitian ini tidak berhasil membuktikan hubungan antara external locus of control dan hasil belajar mahasiswa.

 

Kata kunci: Locus of Control, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.