PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1687Abstract
Locus of Control adalah bentuk psikologi yang berarti kepercayaan seseorang tentang apa yang menyebabkan keberuntungan atau ketidakberuntungan dalam kehidupannya (Rotter, 1996). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perilaku belajar mahasiswa yang merupakan bagian kehidupan mereka dengan menggunakan basis karakter kepribadian, waktu belajar yang pasti dan gaya belajar mereka terhadap hasil belajar yang diproksikan dengan nilai Ujian Akhir Semester mahasiswa. Untuk melaksanakan penelitian ini, digunakan 50 model pernyataan dari Rotter (1996) dengan menggunakan skala likert empat poin. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Malang dan sampel yang diambil sebanyak 193 responden. Metode penyampelan menggunakan convenience method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal locus of control berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa namun penelitian ini tidak berhasil membuktikan hubungan antara external locus of control dan hasil belajar mahasiswa.
Kata kunci: Locus of Control, Hasil Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.