PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PENGASIH
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1683Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan; (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan; (3) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, sedangkan dokumentasi untuk variabel Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Kedua data tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi sederhana, sedangkan pengujian hipotesis ketiga menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dibuktikan rx1y 0,634, r2x1y 0,401 dan thitung 6,447 > ttabel1,671; (2)terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan, dibuktikan rx2y 0,696, r2x2y 0,484 dan thitung7,632 > ttabel1,671; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berprestasi dan Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan Ry(1,2) = 0,759, R2y(1,2) = 0,576 dan Fhitung41,403 > Ftabel 3,140. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Motivasi Berprestasi sebesar 39,73%, variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru 60,27%, sedangkan sumbangan efektif variabel Motivasi Berprestasi sebesar 22,89%, variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 34,71%.
Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Metode Mengajar, Prestasi Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.