EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODUL BELAJAR AKUNTANSI PADA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1679Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi sistem modul belajar Akuntansi pada kelas XI kompetensi keahlian Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 ditinjau dari indikator kemudahan dalam penyampaian materi, adanya solusi atas keterbatasan dalam pembelajaran, variasi dalam pembelajaran, penilaian diri dan pembelajaran tuntas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di SMK N 1 Yogyakarta. Subjeknya adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta yang berjumlah 65 siswa dan 3 orang guru mata diklat Akuntansi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket penelitian.Teknik analisis data dengan menggunakan tabel, tabel distribusi frekuensi, grafik dan pengukuran gejala pusat. Hasil penelitian ditinjau dari perspektif guru menunjukkan efektivitas implementasi sistem modul belajar Akuntansi secara keseluruhan termasuk dalam kategori efektivitas tinggi dengan rerata hitungnya sebesar 110,67 dan untuk hasil efektivitas per indikator menunjukkan kelima indikator juga termasuk dalam kategori efektivitas tinggi. Hasil penelitian ditinjau dari perspektif siswa menunjukkan efektivitas implementasi sistem modul belajar Akuntansi secara keseluruhan termasuk dalam kategori efektivitas tinggi dengan rerata hitungnya yaitu sebesar 116,63 dan untuk hasil efektivitas per indikator menunjukkan kelima indikator juga termasuk dalam kategori efektivitas tinggi.
Kata kunci: Efektivitas, Implementasi Sistem Modul Belajar Akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.