STUDI TENTANG PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU AKUNTANSI SMK DI DIY
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1677Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran program kerja MGMP Akuntansi Kelompok Bisnis dan Manajemen DIY, (2) memperoleh gambaran peran MGMP Akuntansi Kelompok Bisnis dan Manajemen DIY dalam meningkatkan profesionalitas guru Akuntansi SMK DIY, (3) memperoleh gambaran kendala yang dihadapi MGMP Akuntansi Kelompok Bisnis dan Manajemen DIY dalam menjalankan program kerjanya, (4) memperoleh gambaran usaha yang telah dilakukan MGMP Akuntansi Kelompok Bisnis dan Manajemen DIY untuk mengatasi kendala yang dihadapi.
Subjek penelitian adalah pengurus dan anggota MGMP Akuntansi se Kabupaten Sleman sebanyak 38 orang. Istrumen utama penelitian ini adalah angket (kuisioner). Namun untuk melengkapi dan juga triangulasi dalam rangka validasi data, juga disusun dan digunakan instrumen lain berupa pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan peran MGMP Akuntansi Kelompok Bisnis dan Manajemen dalam meningkatkan profesionalitas guru Akuntansi. Data disajikan dalam bentuk tabel dengan persentase, kemudian dideskripsikan untuk diambil kriteria dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program kerja MGMP disusun setiap tahun dan diadakan evaluasi pada akhir tahun. Program kerja yang terlaksana adalah peningkatan kemampuan guru, pembahasan kurikulum dan pembahasan mengenai LKS, (2) Peran MGMP dalam meningkatkan profesionalitas guru tergolong tinggi dilihat dari indikator peran dalam reformasi pembelajaran tergolong tinggi (73,7%), sebagai mediator peningkatan kompetensi guru tergolong tinggi (57,9%), sebagai supporting agency dalam inovasi manajemen kelas dan sekolah tergolong tinggi yaitu sebesar 57,9%, peran MGMP sebagai collaborator sekolah tergolong tinggi (57,9%), sebagai evaluator sekolah tergolong tinggi (68,4%), serta dalam supervisi akademik dan klinis tergolong tinggi yaitu sebesar 73,7%, (3) Kendala yang dihadapi oleh MGMP adalah mengenai pendanaan yang belum optimal dan pengaturan waktu untuk pelaksanaan program kerja yang relatif sulit, (4) Usaha yang dilakukan oleh MGMP untuk mengatasi kendala adalah dengan mengadakan iuran bagi guru-guru agar program kerja dapat terlaksana dan menggunakan waktu libur sekolah untuk melaksanakan agenda program kerja.
Kata kunci: peran MGMP Akuntansi,profesionalitas guru, Daerah Istimewa Yogykarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.