ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1676Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta semester genap tahun akademik 2009/2010 sebanyak 567 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa reguler, non reguler dan program kelanjutan studi. Sampel penelitian sebesar 226 diambil secara proportional random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis datanya dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar mahasiswa digunakan teknik analisis deskriptif dengan kriteria ideal yaitu mean ideal dan standar deviasi ideal.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat kemandirian mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY ditinjau pengelolaan waktu menunjukkan 7,52 % memiliki tingkat kemandirian belajarnya sangat tinggi, 71,68 % tinggi, 19,03% cukup dan 1,77% rendah. (2) Tingkat kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY ditinjau dari keinginan untuk belajar menunjukkan 51,33% mahasiswa tingkat kemandirian belajarnya sangat tinggi dan sisanya sebesar 48,67 % tinggi. (3) Tingkat kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY ditinjau dari pengendalian diri menunjukkan 61,06 %memiliki tingkat kemandirian belajar sangat tinggi, 31,42 % tinggi, 7,52% cukup dan tidak ada yang termasuk rendah. (4) Tingkat kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY menunjukkan 53,53% memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi, 46,02% sangat tinggi dan 0,44% mahasiswa yang termasuk cukup, dan tidak ada yang tingkat kemandiriannya rendah.
Kata Kunci: Pengelolaan waktu, Keinginan belajar, Pengendalian diri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.