IMPLEMENTASI MODEL TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v15i1.14806Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2016/2017. Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I sebesar 67,30% menjadi 90,92% atau meningkat sebesar 23,62%. Pada siklus I, rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pre test sebesar 45,82 meningkat menjadi 85,00 pada post test atau meningkat sebesar 39,18. Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi siswa pada pre test sebesar 42,54 meningkat menjadi 82,40 pada post test atau meningkat sebesar 39,86.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.