PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI

Authors

  • Karyati Karyati Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sukirno Sukirno Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11367

Abstract

Penelitian ini bertujua untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Persepsi Biaya Pendidikan terhadap Minat Melanjutkan Studi Pada Prodi Pendidikan Akuntansi FE UNY Siswa Kelas XII IPS/IIS SMA Negeri di Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS/IIS SMA Negeri di Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 838 siswa dan diambil sampel sebanyak 210 dengan menggunakan teknik Proporsional Area Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Wonosari dengan N=30. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas ,uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan Citra Merek (Brand Image) dan Persepsi Biaya Pendidikan terhadap Minat Melanjutkan Studi Pada Prodi Pendidikan Akuntansi FE UNY dengan nilai Ry(1,2) =0,579; = 0,335; Fhitung= 52,989; Ftabel= 3,0395dan nilai signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Citra Merek (Brand Image) sebesar 40,10%  dan Sumbangan Efektif  sebesar 13,43%. Sumbangan Relatif Persepsi Biaya Pendidikan sebesar 59,90% dan Sumbangan Efektif sebesar 20,07%.

Kata kunci: Citra Merek (Brand Image), Persepsi Biaya Pendidikan, Minat Melanjutkan Studi Pada Prodi Pendidikan Akuntansi FE UNY

 

Downloads

Published

10/24/2016

How to Cite

Karyati, K., & Sukirno, S. (2016). PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11367