PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBANTU MEDIA TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11363Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar pada Kompetensi Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Penerapan Metode Active Knowledge Sharing Berbantu Media Teka Teki Silang. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif selama tiga siklus. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Metode Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XII Matematika dan Ilmu Alam 1 SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada semua indikator Aktivitas Belajar Siswa dari siklus I sebesar 67,08% meningkat menjadi 83,92% pada siklus II dan diperkuat meningkat menjadi 86% pada siklus III. Berdasarkan data catatan harian menunjukkan perubahan positif sikap siswa terhadap Penerapan Metode Active Knowledge Sharing.
Kata kunci: Metode Active Knowledge Sharing, Teki Teki Silang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.