THE DEVELOPMENT OF MEDIA ACCOUNTING DAKON (DASI) GAME IN ACCOUNTING LEARNING PROCESS TO IMPROVE COGNITIVE, AFFECTIVE, AND PSYCHOMOTORIC ASPECTS OF STUDENTS GRADE XI AT SMK N 2 PURWOREJO
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10313Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media permainan dakon Akuntansi untuk membantu meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa akuntansi kelas XI AK 4 SMK N 2 Purworejo. 2) mengetahui kelayakan permainan dakon Akuntansi dalam proses pembelajaran siswa akuntansi kelas XI AK 4 SMK N 2 Purworejo. 3) mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran permainan dakon Akuntansi. Tahapan penelitian dan pengembangan dakon Akuntansi ini terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Define atau tahap pendefinisian 2) Design atau tahap perancangan 3) Develop atau tahap pengembangan dan 4) Dessiminate atau tahap penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakon Akuntansi sebagai media pembelajaran diperoleh penilaian kategori sangat layak dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,62 oleh ahli media 3,42 dan oleh siswa kelas XI 3,37. Media permainan dakon Akuntansi untuk meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa memperoleh hasil yang bervariasi dari setiap aspeknya. Hasil angket dan lembar test siswa pada lembar pre test dan post test menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran permainan dakon Akuntansi menguatkan aspek kognitif sebesar 0,71; aspek afektif 0,50; dan aspek psikomotorik 0, 70.
Kata kunci: Permainan Dakon, Kognitif, Afektif, Psikomotorik.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.