IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Chellyana Kusuma Wardani Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Siswanto Siswanto Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogayakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus dapat meningkat setelah tindakan Implementasi Model NHT Ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai siklus I yaitu dari 48,4 menjadi 67,3. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa sebelum tindakan sebesar 64,19 menjadi 82,02 setelah dilaksanakan tindakan. Dari aspek ketuntasan belajar, terdapat peningkatan 41%, yaitu siklus I sejumlah 52% siswa telah mencapai KKM sedangkan pada siklus II sejumlah 93% siswa telah mencapai KKM.

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Numbered Heads Together (NHT), Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus

Downloads

Published

08/08/2016

How to Cite

Wardani, C. K., & Siswanto, S. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10312