Penerapan Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Belajar di RA Amanatul Izzah Desa Cangkring Sidoarjo

Authors

  • David Pramudia Prajuningsetia Sekolah Tinggi Agama Islam An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Bachtiar Hariyadi Sekolah Tinggi Agama Islam An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.90677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam membangun budaya belajar di RA Amanatul Izzah Desa Cangkring Sidoarjo. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menerapkan empat dimensi kepemimpinan transformasional—idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration—dalam praktik kepemimpinannya. Penerapan tersebut mendorong lahirnya budaya belajar yang reflektif, kolaboratif, dan berakar pada nilai-nilai spiritual Islam. Kepemimpinan yang meneladani nilai keikhlasan, empati, dan inovasi terbukti mampu meningkatkan motivasi, profesionalisme, serta semangat belajar guru. Penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan transformasional berbasis nilai religius dapat menjadi strategi efektif dalam menciptakan komunitas pembelajar di lingkungan madrasah.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

David Pramudia Prajuningsetia, & Bachtiar Hariyadi. (2025). Penerapan Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Belajar di RA Amanatul Izzah Desa Cangkring Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 7(2), 48–58. https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.90677