Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Sekolah Menengah Atas di Kota Sekayu, Sumatera Selatan

Authors

  • Amrina Rosyada SMA Negeri 4 Sekayu, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Edi Harapan Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Rohana Rohana Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38295

Keywords:

kualitas pembelajaran, kompetensi pedagogik guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada kajian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Kota Sekayu, Provinsi Sumatera Selatan. Jumlah populasi yaitu 162 orang dengan sampel sebanyak 102 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket. Validasi instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis koefisien determinasi, uji signifikansi (uji t), dan persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran dengan nilai koefisien sebesar 0,295. Hasil penelitian ini menyarankan penguatan kompetensi pedagogik guru sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pembelajaran.

Author Biography

Amrina Rosyada, SMA Negeri 4 Sekayu, Sumatera Selatan, Indonesia

Magister Manajemen Pendidikan Universitas PGRI Palembang

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Balqis, P., Ibrahim, B.U., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Ingin Jaya kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1). 25-38.

Gusman, H. E. (2014). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan. 2(1). 1-9.

Habibullah. (2012). Perbandingan hasil belajar siswa boarding dan nonboarding dalam mata pelajaran seni budaya di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Harapan, E. (2007). Fakor-faktor determinan yang mempengaruhi profesionalisme dosen. Bandung: UPI Bandung.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2017). Statistik parametrik penelitian pendidikan. Palembang: Noer Fikri.

Murkoni, S. (2017). Pengaruh kualitas pembelajaran guru ekonomi terhadap kepuasan siswa di SMA Negeri 2 Sentajo Raya. Pebkis Jurnal. 9(2). 140-150.

Nandika, D. (2007). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Riduwan. (2011). Dasar-dasar statistik. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2013). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan penelitian pemula. Bandung: Alfabeta.

Saifulloh, dkk. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora (JSH). 5(2). 206-218.

Slameto. (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian, pendekatan, strategi, metode dan model pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, B. (1988). Pengantar aplikasi statistik dalam penelitian pendidikan. Bandung: UPI Bandung.

Syah, M., & Kariadinata, R. (2009). Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2021-04-26

How to Cite

Rosyada, A., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Sekolah Menengah Atas di Kota Sekayu, Sumatera Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38295

Issue

Section

Articles