Pengaruh Pemberian Penghargaan terhadap Kinerja Guru Honorer Sekolah Menengah Atas di Kota Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38134Keywords:
guru honorer, kinerja guru, pemberian penghargaanAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pemberian penghargaan terhadapkinerja guru honorer pada sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh guru honorer di delapan SMA di Kota Sekayu yang berjumlah 146 orang. 59 orang dari total populasi dipilih sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Taro Yaname dan Slovin. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru honorer dipengaruhi oleh penghargaan yang diterimanya. Pemberian penghargaan kepada guru honorer berpengaruh signifikan terhadap kinerjanya, yaitu: (1) peningkatan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, (2) kesediaan bekerja melampaui standar kerja yang telah ditentukan, (3) semangat dan usaha yang tinggi untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik, dan (4) kemauan dan kemampuan melaksanakan tugas-tugas administratif dan pengajaran.
References
Arikunto, S. (1993). Manajemen pengajaran secara manusiawi. Jakarta: PT Rineka cipta
Djamarah. S.B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gomes, F.C. (2005). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Andi Offset
Kline, D. (2020, June 21). Pengertian metode penelitian survei. Retrieved from https://ranahresearch. com/ pengertian-metode-penelitian-survei/
Kustiyah. (2017). Meningkatkan prestasi kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah dengan pendekatan individual di SD Candi 01 Kecamatan Candisari Kota Semarang semester ii tahun pelajaran 2013/2014. Malih Peddas, 7(1). 11-20.
Mahmudi. (2005). Manajemen kinerja sektor publik. Yogyakarta: UPP AMP, YKPN.
Makarim, N. (2020, January 29). Tenaga honorer akan dihapus, berapa jumlah guru non-PNS?. Katadata. Retrieved from https://katadata.co.id
Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahim, R. (2019, December 17). IGI sebut jumlah guru honorer jadi akar masalah pendidikan. CNN. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191216195949-20-457543/igi-sebut-jumlah-guru-honorer-jadi-akar-masalah-pendidikan
Riduwan. (2003). Dasar-dasar statistik. Bandung: Alfabeta.
Sari, W.P. (2016). Pengaruh gaji dan motivasi terhadap kinerja guru pada SMA swasta Binembah, Rokan Hilir, Riau. Tingkap: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial Budaya & Ekonomi, 12(1), 65-81.
Schuler, R.S. (1987). Performance based teacher educational: Suatu alternatif. Jakarta: Binarupa Aksara.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.
Stolovitch, H.D & Keeps, E.J. (2012). Handbook of human performance technology a comprehensive guide for analysis and solving performance problem in organization. San Fransisco: Jersey-bass Publisher.
Sudjana. (2015). Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Suwarno, B. (1998). Pengukuran pengaruh dalam ilmu statistik. Bandung: UPI.
Tohardi. A. (2002). Pemahaman praktis manajemen sumber daya manusia. Bandung: Mandar Maju.
Undang-undang No 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Agustus 12, 2020.https://pih.kemlu.go.id/files/UU_Pokok-pokokKepegawaian-Perubahan_No.43 Th.1999.pdf
Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Agustus 25, 2020. https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm
Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Agustus 12, 2020. https://ngada.org/uu8-1974bt.htm
Usman, B.(2002). Media pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.
Wirahadie. (2020, March 2). Lima alasan seseorang memilih profesi guru. Artikel ilmiah populer. Retrieved from https://wirahadie.com/5-alasan-seseorang-memilih-profesi-guru/
Wirawan. (2009). Evaluasi kinerja sumber daya manusia: Teori, aplikasi, dan penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.