Pengaruh Tunjangan Sertifikasi dan Komitmen pada Tugas terhadap Prestasi Kerja Guru

Evi Anggraini, Edi Harapan, Tahrun Tahrun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji  1) Ada atau tidak pengaruh tunjangan sertifikasi terhadap prestasi kerja guru di SMA Negeri Tanjung Raja, 2) Ada atau tidak pengaruh komitmen pada tugas terhadap prestasi kerja guru Di SMA Negeri Tanjung Raja, 3) Ada atau tidak pengaruh tunjangan sertifikasi dan komitmen pada tugas terhadap Prestasi Kerja Di SMA Negeri Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan program SPSS versi 16 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh tunjangan sertifikasi (X1) terhadap prestasi kerja (Y),  2) Terdapat pengaruh komitmen pada tugas (X2) terhadap prestasi kerja guru (Y),  dan 3) Ada pengaruh sertifikasi (X1), dan komitmen pada tugas (X2) terhadap prestasi kerja guru (Y) di SMA Negeri Tanjung Raja. Implikasi dalam penelitian ini adalah: 1) Sertifikasi guru merupakan sebuah program di mana guru akan dimonitoring dan diuji secara berkala dengan menggunakan alat uji yang telah ditetapkan pemerintah. Sertifikasi guru akan menciptakan mampu sumber daya pengajar yang semakin baik. 2) Komitmen pada tugas yang dimiliki oleh setiap guru sangat penting karena dengan suatu komitmen seorang guru dapat menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Guru yang memiliki suatu komitmen, akan bekerja secara optimal sehingga dapat mencurahkan perhatian, pikiran, tenaga dan waktunya untuk pekerjaannya, sehingga apa yang sudah dikerjakannya sesuai dengan yang diharapkan oleh sekolah. 3) Prestasi kerja guru merupakan kontribusi yang diberikan oleh seorang guru terhadap tugas dan fungsinya di melalui totalitas kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Keywords


tunjangan sertifikasi; komitmen pada tugas; prestasi kerja;

Full Text:

PDF

References


Colquitt, J.A., Lepine, J.A., & Wesson M.J. (2015). Organizational behavior: improving performance and commitment in the workplace 4th. USA: Mc Graw Hill Education.

Hadiyatno, D., & Saraswati, W. (2017). Pengaruh komitmen pegawai terhadap variabel Prestasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Balikpapan. (Skripsi). Universitas Tanjung Pura.

Faustyna. (2014). Pengaruh kompetensi dan komitmen organisasi pada tugas terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(1). 49-63. doi: https://doi.org/10.30596/jimb.v14i01.114

Greenberg, J. (2011). Behavior in organization 10th. Prentice Hall: Pearson Education.

Hasibuan, M. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamanie, I. Y., & Syaharuddin, Y. (2016). Pengaruh penilaian prestasi kerja, komitmen organisasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia IV cabang Samarinda. Jurnal Manajemen, 8(1). 55-65. doi: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v8i1.1186

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2013). Organizational behavior 10th. USA: Mc Graw Hill Companies.

Gustina, L. (2016). Pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru studi pada guru tersertifikasi di SD Negeri 2 Tanjung Senang, Kelurahan Tanjung Senang, kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung. (Skripsi). Universitas Lampung.

Mangkunegara. (2009). Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: Pustaka Binaman Presido.

Marselus, R. P. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: Indeks Jakarta.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2009). Sertifikasi guru menuju profesionalisme pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nellitawati. (2008). Studi tentang komitmen terhadap tugas dan iklim kerja sama guru di SMP Negeri Kecamatan Koto Tangah Padang. Pakar pendidikan, 6(1), 41-55.

Purnama, S. (2016). Hubungan motivasi kerja dengan prestasi kerja guru dan karyawan di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakata.

Ratriati, P. A. (2019) Pengaruh komitmen organisasi, motivasi, dan pengalaman terhadap prestasi kerja. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Republik Indonesia.

Saroni, M. (2011). Personal branding guru: meningkatkan kualitas dan proesionalitas guru. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sopiah. (2008). Perilaku organisasional. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H. (2015). Pendidikan kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia. Bandung: Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Pendidikan



ISSN: p.1978-1938 e.2580-6491 
Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP), Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats