Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa

Tristiniar Titin Akhmadal Badawi, Edi Harapan, Destiniar Destiniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, 2) pengaruh penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap prestasi belajar siswa, dan 3) Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan program SPSS versi 16 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SMA se-kecamatanTanjung Raja, 2) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran oleh guru (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SMA se-kecamatan Tanjung Raja, 3) ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah (X1), dan penggunaan media pembelajaran oleh guru (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Implikasi dalam penelitian ini adalah: 1) kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan dalam tingkatan satuan pendidikan yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kualitas pendidikan dan juga maju mundurnya sekolah yang dipimpinnya. kepala sekolah juga merupakan seorang figur yang harus menjadi teladan bagi semua yang ada di lingkungan sekolah; 2) Penggunaan media pembelajaran oleh guru memberikan menjadikan proses belajar mengajar lebih menyenangkan, membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan berpengaruh secara psikologis kepada peserta didik.


Keywords


Manajerial Kepala Sekolah; Media Pembelajaran; Prestasi Belajar;

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, B. (2011). Berprestasi Tujuan Hidupku. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Asyhar, H. R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Buckingham, D. 2015. “Do We Really Need Media Education 2.0? Teaching Media in the Age of Participatory Culture”. In New Media and Learning in the 21st Century, edited by T. B. Lin, V. Chen,

and C. Chai, 9–21. Education Innovation Series. Singapore: Springer.

Cahyono, Y. (2017). Menapaki Potensi Kepemimpinan Calon Kepala Sekolah/Madrasah. Aqeela Cipta Media: Sukoharjo.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Darmadi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Dezuanni, M. (2015). The Building Blocks of Digital Media Literacy: Socio-material Participation and the Production of Media Knowledge. Journal of Curriculum Studies, 47 (3): 416–419.

Ditjen Dikdasmen. (2002). Surat Edaran Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fahrudin, Adi Arif (2015). Tesis. Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Media Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri Sumberlawang Kabupaten Sragen. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Fathurrohman, P. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Lampung: CV. Gre Publishing.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Putaka Setia.

Handoko, T, Hani. (2009) Manajemen Personalia dan Sumber Daya Alam. CV. Budi Utama.

Harapan, E. (2018). Pembiayaan Pendidikan. Palembang: Noer Fikri Offset.

Hendarman. (2015). Revolusi Kinerja. Jakarta: PT. Indeks Permata Putri Media.

Jamali, A. (2013). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadyah Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1).

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: PT.Gung Samudra.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember Jawa Timur: CV. Pustaka Abadi.

Marsetyaningsih, H. (2014). Kegemaran Membaca di Perpustakaan dan Prestasi Belajar Anak. Sukoharjo Jawa Tengah: Panembahan Senopati Garda Depan Budaya Indonesia.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurcahyo, Prasetyo Adi. 2016. Tesis. Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil Belajar siswa mata pelajaran kelistrikan mesin dan konversi Energi di SMKN 2 Depok. Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak Dipublikasikan.

Patonah, D., Wijaya, W. M., & Rosalin, E. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1): 37-45.

Pribadi, B. A. (2011). Model Assure Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dibud dan PT RajaGrafindo Persada.

Setat, K. (2018). Tesis. Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Efektivitas Sekolah di SDN Kecamatan Raja Basa Bandar Lampung.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Taja Grafindo Persada.

Sudjana. (2015). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemprograman Multi Media Pembelajaran Interaktif. Jember Jawa Timur: PT. Cerdas Ulet Kreatif.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Pendidikan



ISSN: p.1978-1938 e.2580-6491 
Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP), Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats