BIMBINGAN KOLABORATIF SEBAGAI ALTERNATIF SUPERVISI MANAJERIAL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH
Abstract
Penelitian tindakan sekolah (PTS) dilaksanakan di dua gugus sekolah binaan,penelitian ini dilakukan karena supervisi manajerial sebelumnya tidak dapat
menjangkau semua kepala sekolah di sekolah binaan. PTS ini bertujuan untuk
mengetahui manfaat bimbingan kolaboratif di KKKS gugus sekolah, membentuk
komunitas pembelajaran profesional, dan mencapai supervisi manajerial yang
efektif. Penelitian ini terdiri atas dua siklus melalui bimbingan kolaboratif pada
KKKS gugus sekolah. Aspek yang diamati meliputi aktifitas kepala sekolah, sikap
minat kepala sekolah, dan produk KKKS gugus sekolah. Hasil penelitian siklus II
mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Aktivitas kepala sekolah
pada siklus I berada pada kategori cukup (57,95%) kemudian mengalami
peningkatan (24,63%) sehingga pada siklus II menjadi kategori baik (82,58%).
Sikap dan minat kepala sekolah pada siklus I berada pada kategori baik (76,36%)
kemudian mengalami peningkatan (9,54%) sehingga pada siklus II menjadi
kategori amat baik (85,90%). Produk hasil KKKS gugus sekolah untuk pembuatan
RKJM pada siklus I berada pada kategori baik (79,04%) kemudian mengalami
peningkatan skor (5,05%) sehingga pada siklus II dikategorikan baik dengan skor
(84,09%). Hasil penelitian siklus II menunjukkan adanya peningkatan kualitas dan
kuantitas rencana kerja sekolah dalam bentuk RKJM. Melalui supervisi manajerial
dengan pendekatan bimbingan kolaboratif ini, kepala sekolah mampu menyusun
RKJM sehingga supervisi menjadi efektif untuk terbentuknya komunitas
pembelajaran profesional.
Downloads
Published
2020-04-30
How to Cite
Damarasih, D. (2020). BIMBINGAN KOLABORATIF SEBAGAI ALTERNATIF SUPERVISI MANAJERIAL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 12(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/14670
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.