MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

Authors

  • Teguh Riyanta

Abstract

Pengembangan budaya mutu di sekolah dilaksanakan melalui program
pegembangan inovasi pembelajaran, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler,
pengembangan budaya dan kerakter peserta didik, dan pengembangan prestasi
akademik dan non akademik (partisipasi warga sekolah). Kendala yang dihadapi
guru dalam melaksanakan program pengembanagn budaya mutu adalah
pemahaman yang belum lengkap terkait implementasi kurikulum 2013. Solusi
untuk mengatasinya adalah kepala sekolah menerapkan kepemimpinan
transformasional dengan pendekatan pendampingan kepada guru ketika
melaksanakan tugasnya di kelas. Pendekatan yang dilakukan kepala sekolah
melalui pendekatan manajemen yang meliputi: Pertama, tahap perencanaan
dengan menentukan target mutu, mensosialisaasikan target mutu kepada warga
sekolah. Kedua, tahap pengorganisasian meliputi pembentukan struktur
organisasi, penyampaian tupoksi, pendelegasian wewenang. Ketiga, tahap
kepemimpinan meliputi melatih guru, mendampingi guru dan karyawan,
memantau guru di kelas, memotivasi, mendiskusikan hasil temuan, fokus pada
target mutu dan tindaklanjut. Keempat, tahap monitoring dan evaluasi meliputi:
evaluasi program sekolah. Dampak dari tindakan ini adalah: Pertama, proses
pembelajaran semula pembelajaran berpusat pada guru dengan metode
ceramah berubah menjadi pembelajaran yang lebih inovatif berpusat pada siswa
(PAKEM) dengan pendekatan tematik terpadu model saintifik, menggunakan
berbagai media yang ada di dalam kelas dan di luar kelas serta memanfaatkan
nara sumber dari tokoh masyarakat/DUDI. Kedua, penilaian semula menilai aspek
pengetahuan saja berubah ke penilaian outentik dengan menilai aspek sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Ketiga, pengembangan ekstrakurikuler semula
hanya pramuka, meningkat jumlahnya antara lain karawitan, pengelolaan sampah
mandiri (PSM), Seni Hadroh, Olah Vokal, Bahasa Inggris, Seni Lukis, Membatik,
TIK, Qiroati. Keempat, pengembangan sikap dan karakter sudah membudaya
antara lain religius, disiplin, peduli lingkungan, prestasi. Kelima, prestasi
akademik dan akademik meningkat semula baru memperoleh kejuaraan tingkat
kabupaten meningkat sampai menjarai tingkat DIY bahkan nasional.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Riyanta, T. (2020). MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 12(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/14668