MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL
Abstract
Pengembangan budaya mutu di sekolah dilaksanakan melalui programpegembangan inovasi pembelajaran, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler,
pengembangan budaya dan kerakter peserta didik, dan pengembangan prestasi
akademik dan non akademik (partisipasi warga sekolah). Kendala yang dihadapi
guru dalam melaksanakan program pengembanagn budaya mutu adalah
pemahaman yang belum lengkap terkait implementasi kurikulum 2013. Solusi
untuk mengatasinya adalah kepala sekolah menerapkan kepemimpinan
transformasional dengan pendekatan pendampingan kepada guru ketika
melaksanakan tugasnya di kelas. Pendekatan yang dilakukan kepala sekolah
melalui pendekatan manajemen yang meliputi: Pertama, tahap perencanaan
dengan menentukan target mutu, mensosialisaasikan target mutu kepada warga
sekolah. Kedua, tahap pengorganisasian meliputi pembentukan struktur
organisasi, penyampaian tupoksi, pendelegasian wewenang. Ketiga, tahap
kepemimpinan meliputi melatih guru, mendampingi guru dan karyawan,
memantau guru di kelas, memotivasi, mendiskusikan hasil temuan, fokus pada
target mutu dan tindaklanjut. Keempat, tahap monitoring dan evaluasi meliputi:
evaluasi program sekolah. Dampak dari tindakan ini adalah: Pertama, proses
pembelajaran semula pembelajaran berpusat pada guru dengan metode
ceramah berubah menjadi pembelajaran yang lebih inovatif berpusat pada siswa
(PAKEM) dengan pendekatan tematik terpadu model saintifik, menggunakan
berbagai media yang ada di dalam kelas dan di luar kelas serta memanfaatkan
nara sumber dari tokoh masyarakat/DUDI. Kedua, penilaian semula menilai aspek
pengetahuan saja berubah ke penilaian outentik dengan menilai aspek sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Ketiga, pengembangan ekstrakurikuler semula
hanya pramuka, meningkat jumlahnya antara lain karawitan, pengelolaan sampah
mandiri (PSM), Seni Hadroh, Olah Vokal, Bahasa Inggris, Seni Lukis, Membatik,
TIK, Qiroati. Keempat, pengembangan sikap dan karakter sudah membudaya
antara lain religius, disiplin, peduli lingkungan, prestasi. Kelima, prestasi
akademik dan akademik meningkat semula baru memperoleh kejuaraan tingkat
kabupaten meningkat sampai menjarai tingkat DIY bahkan nasional.
Downloads
Published
2020-04-30
How to Cite
Riyanta, T. (2020). MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 12(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/14668
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.